Naik Helikopter, Khofifah Tinjau Kesiapan Pemilu di 3 Kabupaten

Khofifah dan Forkopimda Jatim naik helikopter tinjau kesiapan Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/marjan
Khofifah dan Forkopimda Jatim naik helikopter tinjau kesiapan Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/marjan

PACITAN, Barometerjatim.com – Sehari jelang coblosan, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Jatim meninjau kesiapan Pemilu serentak 2019 di tiga kabupaten, Selasa (16/4/2019).

Menggunakan dua unit helikopter, Khofifah bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan; Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi; Kajati Jatim,  Sunarta; Ketua KPU Jatim, Choirul Anam; serta Ketua Bawaslu Jatim, Mohammad Amin mengawali tinjauan ke Kabupaten Pacitan.

Berangkat dari Mapolda Jatim pukul 07.40 WIB, Khofifah dan rombongan tiba di Pacitan pukul 08.40 WIB. Kehadirannya disambut bupati dan Forkopimda Pacitan, untuk selanjutnya mendengarkan penjelasan Ketua KPU Pacitan, Damhudi di Pendopo Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah menyampaikan agar pelaksanaan Pemilu 2019 yang jujur dan adil (Jurdil) terjaga. Karena itu, hari ini Pemprov bersama Forkopimda melihat langsung untuk memastikan kesiapan Pemilu besok terpantau dan terlaksana dengan baik.

Khofifah juga mengingatkan penyelenggara Pemilu 2019 di daerah untuk dapat mengantisipasi kecukupan atas kebutuhan listrik.

“Kedatangan kami, ingin memastikan bahwa tidak akan ada pemadaman listrik, atau pastikan bahwa genset terjaga baik pada siang hingga malam hari,” jelasnya.

Jika perlu, tambahnya, menyiapkan lampu strongkeng pada siang hingga malam hari. Sebab, sangat mungkin proses penghitungan suara selesai lewat tengah malam.

Di sisi lain, Khofifah sudah melakukan koordinasi langsung dengan seluruh jajaran PLN Jawa-Bali, agar pasokan listrik tercukupi hingga dini hari.

Siap Layani Pemilih

Khofifah dan Forkopimda Jatim pastikan Pemilu 2019 berjalan lancar. | Foto: Barometerjatim.com/marjan

Dari Pacitan, Khofifah dan rombongan meluncur ke Kabupaten Blitar. Serupa dengan kegiatan di Pacitan, di Blitar juga meninjau kesiapan penyelenggaraan Pemilu bersama kepala daerah dan Forkopimda.

Gubernur ingin memastikan penyelenggaraan Pemilu di Blitar siap untuk melayani 944.414 pemilih. Di Blitar, Khofifah mengunjungi Kantor Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro dan meninjau persiapan Pemilu serentak di TPS VII.

Khofifah dan rombongan kemudian mengakhiri tinjauan kesiapan Pemilu di Sumenap, untuk meninjau kantor KPU Sumenep di Jalan Asta Tinggi 99 Kebonagung. Di Sumenep, tercatat 842.764 orang terdaftar di DPT. •

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019, Khofifah