Mau Pindah ke Nasdem? Kursi Menteri Menanti Pakde Karwo

DIJANJIKAN KURSI MENTERI: Pakde Karwo dijanjikan kursi menteri jika mau bergabung dengan Partai Nasdem. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DIJANJIKAN KURSI MENTERI: Pakde Karwo dijanjikan kursi menteri jika mau bergabung dengan Partai Nasdem. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terus membujuk Soekarwo alias Pakde Karwo, agar mau meninggalkan Partai Demokrat dan bergabung dengan partai besutan Surya Paloh tersebut.

Terbaru, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie alias Gus Choi bahkan menyebut Nasdem telah menyiapkan kursi menteri jika Pakde Karwo mau bergabung.

“Pakde itu kalau masuk Nasdem jadi menteri itu, menterinya Pak Jokowi. Kita masih menunggu kehadiran Pakde di Nasdem. Nanti kita usulkan jadi menteri,” kata Gus Choi di sela penyerahan sapi kurban dari Nasdem untuk disalurkan PWNU Jatim, Selasa (21/8).

• Baca: Nasdem Siapkan Karpet Merah untuk Pakde Karwo

“Saya statement seperti ini karena memang Pak Surya cocok dengan Pakde. Mengakui kapasitasnya, mengakui semuanya. Saya juga cukup dekat, berkegiatan dengan Pakde sering. Pakde kita undang kapan saja juga hadir,” tambahnya.

Saat ditanya menteri apa yang yang cocok untuk Pakde Karwo? Gus Choi menegaskan menteri apa saja cocok. “Menteri dalam negeri, bisa. Menteri urusan ideologi Pancasila juga cocok, siapa tahu bisa dibentuk begitu,” katanya.

Gus Choi mengaku dirinya memang mendapat tugas khusus dari Suya Paloh untuk membujuk Pakde Karwo agar pindah ke Nasdem. “Dipersuasi.. dipersuasi..,” katanya.

• Baca: Demokrat Tak Gesit! Wajar Andai Pakde Karwo Pilih Jokowi

Tapi sampai sekarang belum mempan? “Belum mempan, padahal mungkin dari tempat lain belum mendapatkan tawaran apa-apa Pakde, atau ada tawaran kita enggak tahu ya,” katanya sembari tertawa.

Mungkin saja, tambah Gus Choi, Pakde dijanjikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menjadi menterinya Prabowo Subianto. “Tapi insyaallah Prabowo tidak jadi, yang jadi ya insyaallah Jokowi,” katanya.

Pakde Tinggal Minta

Sementara untuk posisi di Nasdem, Pakde Karwo bahkan dipersilakan memilih jabatan apapun yang disukainya. “Pakde di Nasdem bisa apa saja, maunya apa, tergantung Pakde minta apa,” katanya.

Gus Choi sempat menyebut posisi wakil ketua umum, tapi di struktur Nasdem tidak ada jabatan itu. Tapi kalau Pakde Karwo bergabung dan minta wakil ketua umum, Nasdem akan memikirkannya.

• Baca: Harapan Pupus! Soekarwo No Comment soal Pilihan Demokrat

Sak njaluke (terserah minta apa) Pakde. Mau ketua dewan pakar, boleh. Wakil ketua umum, kita pikirkan, pokoknya posisinya di bawah Pak Surya persis,” kata Gus Choi sambil tersenyum.

Saat digoda wartawan, bagaimana kalau Pakde Karwo minta posisi ketua umum? “Kalau Pak Surya menyerahkan ke Pakde, kita juga akan mendukung, he.. he,” selorohnya.