Nasdem Siapkan Karpet Merah untuk Pakde Karwo

LANGKAH POLITIK SOEKARWO: Soekarwo, akankah meninggalkan Partao Demokrat dan memilih berlabih di Partai Nasdem? | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
LANGKAH POLITIK SOEKARWO: Soekarwo, akankah meninggalkan Partai Demokrat dan memilih berlabih di Partai Nasdem? | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Isu Soekarwo bakal meninggalkan Demokrat, Parpol yang melambungkan namanya hingga dua kali terpilih sebagai gubernur Jatim, kian berhembus kencang.

Spekulasi yang berkembang, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo itu, bakal berlabuh ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem) besutan Surya Paloh.

Terkait spekulasi ini, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai Nasdem Jawa Timur, Ipong Muchlissoni saat dikonfirmasi wartawan mengisyaratkan kebenarannya.

• Baca: Harapan Pupus! Soekarwo No Comment soal Pilihan Demokrat

“Sebentar lagi, tunggu saja. Nasdem telah membuka pintu dan menyiapkan karpet merah untuk Pakde Karwo. Kalau Nasdem karpetnya biru tua,” ucap Ipong setengah bercanda, usai acara ta’aruf Caleg Nasdem Dapil Jatim di Surabaya, Sabtu (11/8).

Soekarwo disebut-sebut bakal meninggalkan Demokrat, menyusul keputusan DPP Partai Demokrat yang lebih mendukung duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 ketimbang pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Padahal, sejak awal Soekarwo mengusulkan agar DPP mendukung Jokowi karena didasari Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa yang diusung Demokrat berseiring dengan petahana.

• Baca: Pengamat: Soekarwo Tak Ingin Demokrat Jadi Parpol Keluarga

Usulan Soekarwo itu diperkuat dengan hasil voting internal saat Rapat Kerja Daerah (Rakorda) Partai Demokrat Jatim di salah satu hotel di Surabaya, 21 Juli 2018, untuk menentukan pilihan antara Jokowi dan Prabowo.

Voting diikuti seluruh anggota Fraksi Demokrat di DPRD, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, 38 ketua DPC, serta lima perwakilan DPD Jatim.

Hasilnya, Jokowi meraih dukungan telak dengan 152 suara, Prabowo 56 suara dan enam suara lainnya dinyatakan tidak sah. Tegas! Mayoritas mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

• Baca: Voting! Demokrat Jatim Tegas Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Usai Demokrat memutuskan mendukung Prabowo-Sandiaga, Soekarwo juga memilih enggan berkomentar soal dukung mendukung di Pilpres 2019. “Saya tidak komentar dulu mendukung siapa,” elaknya.

Perbedaan dukungan inilah yang disinyalir menjadi penyebab Soekarwo bakal hengkang. Terlebih besannya, Gede Ariyuda menjadi Caleg DPR RI dari Partai Nasdem Dapil VI (Tulungagung, Kediri, dan Blitar).

• Baca: Soekarwo Ikut Pilihan Khofifah: Dukung Jokowi Dua Periode

Gede merupakan orang tua Bayu Airlangga, menantu Soekarwo yang saat ini menjabat ketua Muda-mudi Demokrat Jawa Timur.

“Saya memilih Nasdem. Dulu saya bisa berbuat nyata di pemerintahan, sekarang saatnya di dunia politik sebagai legislatif,” kata Gede yang mantan kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jatim usai acara ta’aruf.