Senin, 24 Januari 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Indeks Kebahagiaan

Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Duh Jatim Peringkat 19!

Berita Terkait

INDEKS KEBAHAGIAAN 2021: Maluku Utara menjadi provinsi paling bahagia hasil SPTK BPS. | Sumber Data: BPS
INDEKS KEBAHAGIAAN 2021: Maluku Utara menjadi provinsi paling bahagia hasil SPTK BPS. | Sumber Data: BPS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Badan Pusat Statistik (BPS) meluncurkan katalog Indeks Kebahagiaan 2021. Hasilnya, Maluku Utara menjadi provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi (76,34 poin) dan terendah adalah Banten (68,08 poin).

Bagaimana dengan Jawa Timur? Provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu berada di peringkat 19 (72,8 poin). Masih di bawah Sumatera Selatan (72,37 poin), bahkan 11 tingkat di bawah Papua Barat (74,52 poin).

Kepala BPS, Margo Yuwono menjelaskan tingkat kebahagiaan penduduk didasarkan data hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) 2021.

“Survei dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Survei dilaksanakan pada rentang waktu 1 Juli sampai 27 Agustus 2021. Unit analisis adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random),” katanya dalam pengantar katalog, dikutip Minggu (2/2/2021).

Sedangkan metode sampling (sampling method) yang digunakan untuk memilih sampel, lanjut Margo, yakni two stage one phase sampling. Total sampel rumah tangga yang diperlukan untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia, yakni 75 ribu rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

Lantas, bagaimana cara mengukur kebahagiaan? Margo menjelaskan, pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sudah dilakukan sejak 2014 melalui SPTK setiap tiga tahun sekali.

“Pada 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari tiga dimensi yaitu kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia),” katanya.

Sebelum melakukan survei SPTK, BPS bahkan telah melaksanakan kajian tentang tingkat kebahagiaan beberapa kali, yakni uji coba pada 2012 dan 2013.

Dalam survei 2021, tambah Margo, indeks kebahagiaan menurut provinsi meningkat 0,50 poin dibandingkan 2017. Peningkatan juga terjadi pada sebagian besar provinsi.

“Tiga provinsi dengan peningkatan terbesar dibanding provinsi lain yakni Jambi (4,72 poin), Sulawesi Barat (3,44 poin), dan Kalimantan Utara (3.00 poin),” kata Margo.

Sebaliknya, terdapat 10 provinsi yang mengalami penurunan indeks kebahagiaan, yakni Aceh, Riau, Sumatera Selatan, dan Bengkulu untuk kawasan Sumatera.

Lalu kawasan Jawa-Bali-Nusa Tenggara yang turut mengalami penurunan yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali dan NTB. Sedangkan kawasan Kalimantan terdapat Kalimantan Timur.

» Baca berita terkait Pemprov Jatim. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -