Lawan Corona! PKS Jatim Gelar Donor Plasma Konvalesen

PKS LAWAN CORONA: Screening donor plasma konvalesen di kantor DPW PKS Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PKS LAWAN CORONA: Screening donor plasma konvalesen di kantor DPW PKS Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Setahun mewabah di Indonesia, Covid-19 belum juga berakhir. Semua pihak pun diharapkan bersinergi dan kolaborasi untuk menanggulangi, termasuk partai politik. Karena itu, PKS Jatim menggelar Screening Donor Plasma Konvalesen di kantornya, Jumat (5/3/2021).

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian partainya, terlebih upaya melawan Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan satu unsur yakni pemerintah.

“Sebagai partai politik, PKS merupakan salah satu unsur dalam masyarakat yang harus berperan. Sejak di awal pandemi tahun lalu, kami sudah membentuk tim khusus tanggap bencana Covid-19 yang melibatkan banyak bidang, agar bisa menangani masyarakat secara menyeluruh,” katanya.

Bidang-bidang yang terlibat, terang Irwan, mulai Kesejahteraan Sosial (Kesos) yang dikomandani para dokter, Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Hubungan Masyarakat, hingga Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) yang dikhususkan membantu masyarakat terdampak.

“Ini semua bagian dari darma bakti PKS kepada bangsa dan negara ini agar mampu melawan Covid-19, termasuk kegiatan screening donor plasma konvalesen,” kata Irwan.

Sementara itu Ketua Bidang Kesejahteraan dan Sosial DPW PKS Jatim, dr Jojok Santoso dalam sambutannya menjelaskan bahwa plasma adalah komponen darah, di dalamnya ada antibodi yang diharapkan bisa melawan Covid-19.

“Allah memberi kemampuan manusia untuk melawan virus. Hanya saja, kemampuan masing-masing berbeda. Ada yang tanpa bantuan medis sudah bisa sehat dengan sendirinya, ada yang yang herbal, ada yang butuh di-support dengan plasma. Karena itulah kegiatan ini dilakukan,” katanya.

Sedangkan Zainuddin, salah satu peserta menyampaikan bahwa keikutsertaannya untuk screening donor plasma merupakan wujud syukur karena sudah bisa sembuh dari Covid-19.

“Saya meyakini, sembuh dari Covid-19 merupakan kesempatan hidup kedua yang diberikan Allah kepada saya. Saat sakit, saya merasakan sulitnya bernapas yang luar biasa hingga butuh bantuan oksigen dan alat,” katanya.

» Baca Berita Terkait PKS Jatim