Kunjungi Gereja, Khofifah: Tak Perlu Takut Rayakan Paskah!

JANGAN TAKUT: Khofifah tinjau Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Jumat (2/4/2021). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JANGAN TAKUT: Khofifah tinjau Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Jumat (2/4/2021). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Usai Gereja Katedral Makassar diguncang bom bunuh diri, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat yang ingin merayakan rangkaian ibadah Paskah di gereja tidak perlu takut dan khawatir.

Hal itu karena aparat keamanan, baik TNI/Polri telah memaksimalkan upaya pengamanan di gereja-gereja yang ada di Jatim.

“Tidak perlu khawatir, tapi harus tetap waspada dan hati-hati. Aparat Polri dan TNI juga telah melakukan sterilisasi dan penjagaan ketat, sehingga jemaat yang beribadah bisa khidmat dan tenang,” katanya.

“Sekaligus kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Kapolda dan Pak Pangdam beserta jajarannya yang telah memaksimalkan pengamanan dan penjagaan di gereja-gereja.”

Hal itu dikatakan Khofifah usai meninjau Gereja Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa Surabaya, Jumat (2/4/2021). Selain itu, dia juga meninjau Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel di Jalan Buring, Kota Malang.

Sementara soal aksi terorisme yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan dan Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta beberapa waktu lalu, Khofifah minta tidak perlu dikaitkan dengan kegiatan keagamaan di Jatim.

Apapun alasannya, tandas Khofifah, aksi terorisme tidak dapat dibenarkan maupun ditoleransi. Karena itu, Khofifah meminta agar masyarakat yang ingin merayakan rangkaian ibadah Paskah di gereja tidak perlu takut dan khawatir.

Agar aksi terorisme tidak terjadi lagi, Khofifah berpesan kepada seluruh masyarakat agar proaktif mengawasi lingkungan masing-masing. Mengingat, keamanan bukan hanya tugas aparat melainkan juga seluruh elemen masyarakat.

“Semoga seluruh kekerabatan, harmoni dan persaudaraan di antara kita satu dengan yang lain bisa terjalin dengan baik dan berseiring. Saya yakin masyarakat Jatim bisa menjaga harmonisasi ini dengan baik,” katanya.

“Harmonisasi yang tercipta di Jatim ini, menjadi penguatan dan penghormatan terhadap seluruh proses ibadah dalam rangka menyambut Paskah tahun ini,” tuntas Khofifah.

» Baca Berita Terkait Terorisme