KPU Surabaya Sambat Gedung Baru, Nawardi: Ada Tanah Hibah

TANAH HIBAH: Ahmad Nawardi, sarankan KPU minta tanah hibah ke Pemkot Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TANAH HIBAH: Ahmad Nawardi, sarankan KPU minta tanah hibah ke Pemkot Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selain menyambut hangat kunjungan dan sidak anggota DPD RI, Ahmad Nawardi ke KPU Surabaya, komisioner juga sambat soal gedung penyelenggara Pemilu di Kota Pahlawan yang dinilai tak lagi representatif.

Tak hanya karena letaknya di pinggir jalan protokol yang sewaktu-waku bisa mengganggu pengguna jalan jika ada masyarakat yang menyampaikan aspirasinya, juga sangat berdekatan dengan gedung Parpol.

“Kami sampai tidak berani parkir di sebelah (depan kantor Parpol) kalau parkir di sini padat,” keluh Subairi, Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM saat menerima Nawardi, Kamis (5/3/2020).

Disambati soal gedung baru yang lebih representatif, Nawardi setuju kalau gedung KPU Surabaya idealnya tak satu area dengan Parpol, serta berada di pinggir jalan protokol.

“Saya sependapat. Ini (Surabaya) kota besar kedua setelah Jakarta, kota metropolis dengan penduduk di atas tiga juta dan jumlah pemilih 2,1 juta lebih,” katanya.

“Kantor ini seharusnya tidak layak bagi KPU di kota besar. Sudah bertahun-tahun, seharusnya sudah dipindah lebih representatif,” sambungnya.

Lantas bagaimana solusinya? “Ini perlu dipikirkan oleh KPU RI, bisa meminta tanah hibah ke Pemkot Surabaya. Saya kira Pemkot memiliki banyak tanah kosong yang bisa dihibahkan ke KPU agar bisa dibangun kantor yang representatif,” ujarnya.

Lagi pula, gedung yang sekarang pemeliharaannya justru semakin mahal. Apalagi berdekatan dekat Parpol, padahal KPU harus independen dan jauh komunikasi dengan Parpol.

“Gedung KPU harus representatif. Baik untuk parkir, atau mungkin kalau ada demo atau apa yang datang ke sini bisa diterima di tempat lebih luas,” ucapnya.

Apakah DPD bisa mengusulkan soal gedung baru KPU Surabaya? “Itu sebenarnya tinggal KPU RI. Kita mendorong saja ke KPU, Menteri Keuangan, agar mengalokasikan anggaran untuk KPU RI, itu saja,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait KPU Surabaya