Kiai Asep Usulkan Khofifah di Pilpres 2024, Minatkah Gerindra?

GERINDRA TERTARIK?: Anwar Sadad dan Khofifah saat acara BImtek DPRD Jatim di Yogyakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS/DOK
GERINDRA TERTARIK?: Anwar Sadad dan Khofifah saat acara BImtek DPRD Jatim di Yogyakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah Mojokerto dan Surabaya, KH Asep Saifuddin Chalim mengusulkan ke Partai Gerindra agar mengusung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024.

Minatkah Gerindra? “Semua kader Gerindra jika ditanya siapa Capres pilihannya, pasti menjawab Pak Prabowo (Subianto),” tegas Plt Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad kapada Barometerjatim.com, Selasa (1/6/2021).

“Jika muncul nama lain di luar Pak Prabowo, maka hal itu akan dipahami sebagai figur pendamping bagi Pak Prabowo,” tandas politikus yang juga wakil ketua DPRD Jatim tersebut.

Gerindra Jatim bahkan sudah menggaungkan sekaligus tekad untuk mengantarkan Prabowo menjadi Presiden ke-8 RI pada Pilpres 2024.

Hal itu dilontarkan Sadad saat halal bi halal virtual dengan jajaran pengurus Gerindra se-Jatim, termasuk 11 anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI dari Dapil Jatim, Jumat (21/5/2021).

Menurut Sadad, meski halal bi halal digelar secara virtual untuk kali kedua di masa pandemi Covid-19, hati dan perasaan seluruh pengurus Gerindra tetap terhubung.

“Sehingga meskipun berjauhan, kita merasa tetap dalam satu barisan, satu suara, untuk mengantarkan ketua umum kita, ketua dewan pembina kita, Bapak Prabowo Subianto menjadi Presiden ke-8 RI tahun 2024,” katanya.

Seperti diberitakan, keinginan Kiai Asep agar Khofifah maju di Pilpres 2024 disampaikan saat menerima silaturahim Sekjen Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra, Ahmad Muzani yang didampingi Sadad di Ponpes Amanatul Ummah, Minggu (30/5/2021) malam.

“Kalau sosok Jatim ya Ibu Khofifah Indar Parawansa. Sudah tidak ada lagi kalau Jatim. Kalaupun ada (selain Khofifah) ya peluangnya kecil,” kata kiai yang juga guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tersebut.

Menurut Kiai Asep, Khofifah masih belum terkalahkan secara elektabilitas maupun kredibilitas. Selain gubernur Jatim juga disebutnya cukup dicintai di kalangan perempuan Indonesia.

Ya, bukan kali ini saja Kiai Asep menginginkan Khofifah nyapres di 2024. Bahkan dia terang-terangan menolak jika Khofifah menjadi gubernur Jatim dua periode.

“Sacara pribadi, saya ingin Bu Khofifah tidak menjadi gubernur pada periode kedua, tapi maju Capres dan menjadi presiden,” tegas Kiai Asep di kediamannya, kawasan Siwalankerto, Surabaya, Jumat (28/2/2020).

Mengapa pilih Khofifah nyapres? “Karena kapasitas keilmuan dan kekuatan fisiknya luar biasa. Sementara (dua hal) itu merupakan kelebihan dari seorang pemimpin,” ucap Kiai Asep.

“Dalam Al Qur’an disebutkan: Dia berikan pemimpin itu kelebihan, yang berkaitan dengan ilmu dan fisiknya. Dua persyaratan itu ada di Bu Khofifah,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait Pilpres 2024