Ketum GP Ansor Jadi Menag, Gus Hans: Pilihan Sangat Tepat!

MENAG BARU: Gus Hans (tengah) bersama Gus Yaqut (kanan) yang kini ditunjuk Jokowi sebagai Menag. | Foto: Barometerjatim.com/IST
MENAG BARU: Gus Hans (tengah) bersama Gus Yaqut (kanan) yang kini ditunjuk Jokowi sebagai Menag. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di antara enam orang yang diangkat Presiden Jokowi menjadi menteri hasil reshuffle kabinet, terdapat Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut yang ditunjuk menjadi Menteri Agama (Menang).

Ucapan selamat pun mengalir dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan Ansor, tak terkecuali Wakil Sekretaris Dewan Penasihat PW GP Ansor Jatim, Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans.

“Saya ucapkan selamat untuk Gus Tutut — panggilan Gus Hans ke Gus Yaqut. Pilihan Pak Jokowi sangat tepat!” kata Gus Hans yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Selasa (22/12/2020).

“Dengan karakter yang kuat dan dengan pendekatan khas NU, insyaallah Gus Menteri bisa membawa institusi Kemenag menjadi institusi yang solutif dalam menjamin keberagamaan dalam keberagaman yang indah,” sambungnya.

Gus Hans yakin, Gus Yaqut akan memberikan suasana segar di tengah pihak-pihak yang masih saja memanaskan suasana, dengan mengkapitalisasi isu-isu agama untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

“Latar belakang sebagai panglima PP GP Ansor, bisa jadi modal yang baik untuk mengenali medan keberagamaan dan kepemudaan sekaligus di plosok Indonesia,” tandas Gus Hans.

Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975, merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saudara dari Katib Aam Syuriah PBNU, Yahya Cholil Staquf.

Selain Gus Yaqut, Jokowi juga menunjuk lima menteri baru lainnya. Yakni Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Sandiaga Solahudin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), dan Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan).

Keenam menteri baru tersebut akan dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020) pagi hari ini.

» Baca Berita Terkait GP Ansor