Kasus Romi! 4 Jam KPK Periksa Khofifah di Polda Jatim

Khofifah diperiksa KPK di Polda Jatim terkait kasus Romahurmuziy. | Foto: Barometerjatim.com/dok

SURABAYA, Barometerjatim.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dengan tersangka mantan Ketum PPP, Romahurmuziy alias Romi.

Jumat (26/4/2019) hari ini, KPK memeriksa Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parwansa di Ruang Tipikor Mapolda Jatim.

Wartawan yang menyanggong Khofifah sejak pagi bahkan sempat terkecoh, karena memasuki waktu Jumatan tidak ada tanda-tanda kedatangan orang nomor satu di Pemprov Jatim itu di Mapolda.

Padahal Kamis (25/4/2019), Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK menegaskan kalau hari ini ada pemeriksaan terhadap Khofifah terkait kasus Romi.

Namun usai Jumatan, sekitar pukul 13.05 WIB, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan kalau Khofifah telah diperiksa KPK di Polda mulai pukul 09.00 WIB.

“Benar ada pemeriksaan saksi yang dinyatakan oleh juru bicara KPK tadi malam, Febri memang benar, bahwa di Polda Jatim telah dilangsungkan pemeriksaan jam 09.00 WIB terhadap saksi Ibu Khofifah Indar Parawansa,” tutur Barung.

Pemeriksaan terhadap Khofifah, kata Barung, dilangsungkan di Gedung Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim hingga pukul 13.00 WIB.

Namun soal materi pemeriksaan, Barung enggan menjelaskan karena hal itu menyangkut wewenang KPK. “Silakan ditanyakan ke KPK apa substansinya,” katanya.

Polda Jatim, lanjut Barung, hanya menyiapkan ruang, tempat dan waktu yang sudah menjadi MoU antara KPK dan Polri untuk saling melengkapi, bersinergitas, terkait penegakan hukum terhadap kasus di KPK.

Begitu pula saat ditanya siapa empat orang lainnya yang diperiksa KPK bersama Khofifah, sekali lagi, Barung menegaskan kalau hal itu bukan wewenang Polda.

“Yang kami tahu adalah Ibu Khofifah Indar Parawansa. Nah yang lainnya, keempatnya silakan ditanyakan ke Pak Febri (substansi pemeriksaan ada di KPK),” tegasnya.•

» Baca Berita Terkait Khofifah, KPK, Romahurmuziy