Kartika Hidayati, Kader PKB yang Ikut Penjaringan PDIP

DAFTAR PDIP: Huda (kiri) mengambilkan formulir pendaftaran untuk Kartika Hidayati (inset). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
DAFTAR: Huda (kiri) mengambilkan formulir pendaftaran untuk Kartika Hidayati (inset). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Di Pilbup Lamongan 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi satu-satunya Parpol yang bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi karena bermodal 10 kursi di DPRD.

Sekadar tahu, PKB menjadi Parpol pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Lamongan setelah meraih 162.452 suara atau jika dikonversi menjadi 10 kursi di dewan.

Meski demikian, Wakil Bupati Lamongan yang juga Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Kartika Hidayati tetap mengikuti penjaringan bakal calon bupati (Bacabup) yang digelar PDI Perjuangan (delapan kursi).

Namun Kartika tidak mengambil sendiri formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Lamongan, Rabu (11/9/2019), melainkan mengutus sejumlah pengurus Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Lamongan dan Miftahul Huda, salah seorang tokoh Gusdurian Lamongan.

“Bu Kartika ada kesibukan yang enggak bisa ditinggalkan, jadi kami yang mewakili untuk mengambil formulir,” kata Huda.

Ditanya mengapa Kartika yang pengurus PKB memilih mengikuti penjaringan PDIP, Huda menuturkan dalam konteks Pilkada semua Parpol memberikan kesempatan, dan keikutsertaan Kartika bagian dari dinamika politik.

“Ini bagian dari dinamika dalam pendaftaran. Bisa juga nanti jika PKB membuka pendaftarannya, kita akan mendaftar. Prinsipnya lebih banyak partai kan lebih baik,” terang Huda.

Mantan sekretaris DPC PKB Lamongan itu juga memastikan, selain ikut penjaringan PDIP, Kartika sudah melakukan komunikasi politik dengan beberapa Parpol untuk mendapatkan tiket maju dalam Pilbup Lamongan 2020.

“Ibu Kartika Hidayati kan politisi, jadi terkait komunikasi dengan partai politik, insyaallah saya kira sudah selesai,” ungkapnya

Sementara itu Ketua DPC PDIP Lamongan, Sa’im mengatakan sejak penjaringan dibuka mulai 5 hingga 14 September 2019 nanti, Kartika menjadi orang keenam yang mengambil formulir.

“Hingga saat ini, Ibu Kartika Hidayati adalah orang ke enam yang mengambil formulir,” ungkap Sai’m.

6 PENDAFTAR PENJARINGAN PDIP

  1. Bi’in Abdussalam (Eks Ketua PCNU Lamongan)
  2. Yuhronur Efendi (Sekdakab Lamongan)
  3. Sholahuddin (Aspri Kiai Ma’ruf Amin)
  4. Suhandoyo (Eks Anggota DPRD Jatim)
  5. Suroto (Kader GMNI)
  6. Kartika Hidayati (Wakil Ketua DPW PKB Jatim)

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan, PDIP, PKB