Kantongi Modal Besar! Herlina Layak Maju di Pilwali Surabaya

LAYAK WALI KOTA: Herlina Harsono Njoto, potensial pimpin Surabaya pasca Tri Rismaharini. | Foto: IST
LAYAK WALI KOTA: Kader Demokrat, Herlina Harsono Njoto, potensial pimpin Surabaya pasca Tri Rismaharini. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Demokrat memang kaya kader potensial untuk ‘bertarung’ di Pilwali Surabaya 2020. Selain Bayu Airlangga, Herlina Harsono Njoto juga dinilai layak untuk meneruskan kepemimpinan Tri Rismaharini alias Risma.

“Herlina punya modal politik besar untuk maju Pilwali. Dia anggota DPRD dua periode, pasti punya konstituen dan pemilih loyal,” nilai Umar Sholahudin, pengamat politik dari Parliament Watch, Jumat (13/9/2019).

Apalagi selama mengemban amanat rakyat di DPRD Surabaya, kata Umar, Herlina terbilang anggota dewan yang berprestasi dan bersih. Di antaranya pernah menjabat ketua komisi, dan tidak pernah terlibat masalah hukum maupun etik.

Tak hanya modal politik, Herlina juga dipandang Umar memiliki modal sosial yang besar. Latar belakangnya dari etnis Tionghoa dan non muslim bisa mengisi ceruk suara dari kelompok minoritas.

Simpati kelompok minoritas, tandas Umar, bisa terbangun ke Herlina. Meski minoritas tapi bila solid menjadi satu, tentu saja jumlahnya akan menjadi signifikan.

“Bila kelompok minoritas ini solid mendukung calon tertentu, maka jumlahnya menjadi signifikan. Dan Herlina berpotensi mendapat dukungan tersebut,” kata Umar yang juga dosen FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Tak hanya itu, secara gender Herlina juga diuntungkan. Terlebih kalau bisa meraih simpati pemilih dari kalangan perempuan. Sebab, selain loyal, jumlah pemilih perempuan secara kuantitas lebih tinggi dibandingkan pemilih dari kalangan pria.

“Kalau bisa mengambil simpati gender tentu jumlahnya signifikan. Apalagi kalau dimaksimalkan dengan menggarap juga suara milenial,” pungkas Umar.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Demokrat