Kaji Sholah Terpental, Kiai NU Pendukung Merapat ke Yuhronur

PILBUP LAMONGAN: Disaksikan KH Abdul Ghofur, Gerinda bakal usung Yuhronur-Rouf di Pilbup Lamongan 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PILBUP LAMONGAN: Disaksikan KH Abdul Ghofur, Gerinda bakal usung Yuhronur-Rouf di Pilbup Lamongan 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Cerita Aspri Wapres KH Ma’ruf Amin, Sholahuddin alias Kaji Sholah berproses di Pilbup Lamongan 2020 bisa jadi sudah tamat. Ini setelah PKB dan PDIP lebih memilih Kartika Hidayati yang berpasangan dengan Sa’im.

Dinamika politik tersebut membuat suara warga Nahdlatul Ulama (NU), lagi-lagi terbelah, karena kiai yang semula mendukung Kaji Sholah mengalihkan dukungannya ke pasangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf. Salah satunya Pengasuh Ponpes Sunan Drajat, KH Abdul Ghofur.

Namun kubu Gerindra, salah satu Parpol pengusung Yuhronur-Rouf, melihat dukungan kiai NU yang tidak hanya terkonsentrasi di salah satu pasangan calon justru membuat Nahdliyin banyak pilihan.

“Bagi saya sih tetap ada sisi positifnya, bahwa warga NU memiliki opsi, tak tunggal,” kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Kamis (27/8/2020) malam.

“Saya kira penting untuk mengukur ke-NU-an tidak lewat mobilitas dukungan politik, tapi melihatnya setelah Paslon terpilih nanti, bagaimana komitmennya pada perjuangan keumatan sesuai garis perjuangan NU.”

Apakah seluruh kiai NU pendukung Kaji Sholah akan dirangkul? “Justru ini bagian dari sikap untuk mengakomodir aspirasi tokoh-tokoh itu,” tegas politikus yang juga ketua DPRD Jatim tersebut.

Soal mengapa Gerindra lebih memilih Yuhronur ketimbang Kartika, menurut Sadad, pilihan politik juga tak bisa dilepaskan dari dinamika dukungan dari masyarakat di bawah.

“Gerindra menangkap, bahwa di basis massa Gerindra menginginkan paslon ini untuk kita usung,” ujar Sadad yang masih keluarga Ponpes Sidogiri, Pasuruan.

Sebelum memilih Yuhronur, Gerindra di level DPC sempat deklarasi bersama PKB dan PDIP untuk mendukung Kaji Sholah. Namun saat rekomendasi dari pusat turun, ternyata PKB dan PDIP lebih memilih Kartika.

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan