Jelang Muswil IX, Putri Pendiri NU Calon Kuat Ketua PPP Jatim

JELANG MUSWIL PPP: Mundjidah Wahab, calon kuat ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/IST
JELANG MUSWIL PPP: Mundjidah Wahab, calon kuat ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IX di Surabaya, 31 Mei-1 Juni 2021. Salah satu agendanya yakni memilih ketua baru.

Siapa yang bakal menakhodai PPP Jatim? Mundjidah Wahab muncul sebagai kandidat terkuat. Perempuan yang juga bupati Jombang itu merupakan putri dari salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah.

Dukungan dari sejumlah tokoh PPP maupun simpatisan pun mengalir, di antaranya dari Ketua Alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Al Anwar wilayah Jatim, KH Ahmad Mizan Basyari.

“Mutlak alumni Sarang mendukung sepenuhnya Bu Nyai Hj Mundjidah Wahab sebagai Ketua DPW Jatim,” tegasnya, Rabu (26/5/2020).

Hal senada dikatakan salah seorang tokoh PPP Jatim, Mujahid Ansori. Menurutnya, Mundjidah muncul sebagai kandidat karena dorongan  dari Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa.

Namun terlepas dorongan dari Suharso, Mujahid menilai Mundjidah cocok menjadi ketua karena memiliki pengalaman di pemerintahan, serta penerus Kiai Wahab. Selain itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa disebut Mujahid sudah merestuinya.

Muswil IX, lanjut Mujahid, menjadi tonggak baru dan bersejarah bagi PPP. Sebab, Peraturan Organisasi (PO) dan AD/ART menjamin terlaksananya permusyawaratan yang diatur secara modern serta profesional di bawah komando DPP.

“Dulu, yang menerbitkan SK DPC kabupaten/kota adalah DPW, sekarang menjadi wewenang dua tingkat di atasnya yaitu DPP. Maka sudah menjadi kewajiban bagi DPC kabupaten/kota untuk sami’na wa atho’na pada keputusan DPP,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPC PPP Kabupaten Jember, Madini Farouq berharap Muswil IX berjalan lancar dan sesuai dengan PO yang berlaku. Selain itu, kegiatan ini bisa dijadikan ajang silaturahim karena masih dalam suasana Syawal, walaupun tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Madini juga berharap Muswil IX menjadi momentum kebangkitan partai berlambang ka’bah tersebut, khususnya di Jatim.

» Baca Berita Terkait PPP