Jelang Debat! Khofifah Biasa Saja, Tetap Blusukan ke Pasar

TETAP BLUSUKAN: Sehari jelang debat publik, Khofifah blusukan di Pasar Pasar Ikan Mayangan, Probolinggo, Senin (9/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
TETAP BLUSUKAN: Sehari jelang debat publik, Khofifah blusukan di Pasar Pasar Ikan Mayangan, Probolinggo, Senin (9/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

PROBOLINGGO, Barometerjatim.com – Selasa (10/4) besok malam mulai pukul 19.30 WIB, debat publik pertama Cagub-Cawagub Jatim digelar di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rachmat, Surabaya. Bagaimana persiapan calon?

Cagub Khofifah Indar Parawansa, misalnya, mengaku tak memiliki persiapan khusus. Bahkan sehari jelang debat, Senin (9/4) hari ini, mantan Menteri Sosial itu masih melakukan navigasi program ke berbagai daerah di Jatim, termasuk blusukan ke sejumlah pasar tradisional.

“Tak ada persiapan khusus, sama seperti biasanya. Hari ini saya masih di pasar, masih navigasi program,” kata Khofifah di sela berkunjung ke Pasar Ikan Mayangan, Probolinggo.

• Baca: Jarmunu ‘Kepung Kampung’ se-Jatim untuk Khofifah-Emil

Bagi Khofifah, navigasi program juga bentuk persiapan debat. Sebab dengan melihat langsung apa yang ada di lapangan, dia dapat bicara, mencerna dan merumuskan solusi setiap masalah yang ada.

Selain itu, timnya juga sudah melakukan berbagi diskusi untuk penyiapan konten yang tidak jauh dari sembilan program andalan Khofifah-Emil: Nawa Bhakti Satya.

“Setiap diskusi yang dilakukan insyaallah saya selalu terlibat di dalamnya. Jadi relatif saya mengetahui ruh dari rumusan Nawa Bhakti Satya, dari Jatim 1 sampai Jatim 9,” terang Khofifah.

• Baca: Perkuat Karakter Aswaja di Jatim, Banser Dukung Khofifah

Sehingga, tidak perlu ada lagi yang dipersiapkan secara khusus karena Khofifah sudah ‘nyekrup’ dengan tim. “Relatif mereka yang menyiapkan seluruh narasi dan konten adalah orang yang selama ini sudah berproses bersama,” imbuhnya.

Kalaupun akan rapat dan bertemu dengan tim, diskusi hanya mengerucutkan fokus sesuai item yang sudah disepakati KPU Jatim. Karena itu, Khofifah dan Emil sudah memiliki persiapan sejak awal dan sangat siap menghadapi debat besok malam.

“Kalau tanpa persiapan ya harus siap turun tanpa penghormatan. Jadi setiap hal itu harus well prepared (dipersiapkan dengan baik),” tandas Khofifah.

Sambutan Heboh

Sementara itu, kehadiran Khofifah di Pasar Ikan Mayangan disambut disambut riuh pengunjung dan pedagang. “Sukses ya Bu, semoga menang,” ucap Kamsiyah, salah seorang pedagang ikan yang kegirangan setelah berswafoto.

Khodijah, Pedagang lainnya, tak kalah antusias. Di hadapan Khofifah dia memastikan akan memilih pasangan nomor urut 1, Khofifah-Emil saat coblosan pada 27 Juni nanti.

Dia berharap jika Khofifah terpilih dapat melindungi ekonomi para pedagang ikan dan nelayan di Probolinggo. “Saya berharap nanti kalau sudah jadi,  bisa meningkatkan kesejahteraan pedagang ikan dan juga para nelayan supaya lebih baik,” ujarnya.

• Baca: Masnuh: PKB Tak Bisa Halangi Khofifah Menang di Sidoarjo

Usai blusukan di pasar, Khofifah menyampaikan bahwa persoalan infrastruktur menjadi PR besar untuk membenahi pasar tradisional di Jatim. Hal itu juga demi membuat pasar tradisional nyaman untuk semua kalangan.

“Sudah saatnya kita memuliakan mereka, para nelayan maupun penjual ikan. Mereka tidak harus menaikkan harga, tapi dengan infrastruktur yang disiapkan pemerintah, dan penataan sumber daya manusia di sana, maka akan menjadikan pasar ikan ini indah,” pungkasnya.