Jawab Tantangan Khofifah, HKTI Siapkan Peta Pertanian Jatim

RUMUSAN PERTANIAN: Ahmad Nawardi menuturkan, HKTI tengah menyiapkan rumusan pertanian untuk menjawab tantangan Gubernur Jatim terpilih, Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
RUMUSAN PERTANIAN: Ahmad Nawardi menuturkan, HKTI tengah menyiapkan rumusan pertanian untuk menjawab tantangan Gubernur Jatim terpilih, Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ditantang Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa agar membuat pendataan dan rumusan solusi untuk pertanian di Jatim, DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jatim langsung bergerak.

Ketua DPP HKTI Jatim, Ahmad Nawardi menuturkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan rumusan peta pertanian untuk diajukan menjadi bagian dari Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami sedang merapatkan sejumlah rumusan soal pertanian di Jatim, sesuai dengan yang diminta Bu Khofifah,” kata Nawardi di Surabaya, Kamis (13/9).

• Baca: Akui Khofifah Pintar, HKTI Beri Gelar “Ibu Petani Jatim”

Sejumlah langkah dilakukan, termasuk mengundang pakar pertanian dari Universitas Jember dan Unversitas Brawijaya Malang untuk melakukan pemetaan dengan seluruh pengurus HKTI di daerah.

“Dengan begitu akan diketahui permasalahan pertanian di setiap daerah. Selain itu juga dirumuskan solusinya,” ungkap pria yang juga anggota DPD RI tersebut.

Dari pembahasan pertama diketahui, ternyata banyak data milik Pemprov Jatim yang berbeda dengan data di lapangan. Di antaranya luasan sawah dan saluran irigasi. “Ini pentung untuk jadi masukan dari HKTI,” ungkapnya.

• Baca: 23 Kabupaten di Jatim Dilanda Kekeringan, Ini Solusi Khofifah

Rumusan ini akan dibahas terkait persoalan pertanian mulai hulu hingga hilir. Mulai petani, produksi hingga pemasaran hasil pertanian.

“Nanti akan dibahas soal kesejahteraan petani, hasil pertanian hingga pemasarannya. Sehingga usulan ini nantinya bisa memberikan nilai tambah bagi petani di Jatim,” tambahnya.

• Baca: Siapkan Rp 125 M, HKTI Jatim Bangun 25 Ribu RPK

Nantinya, lanjut Nawardi, data yang diserahkan HKTI ini bisa menjadi pijakan gubernur dalam menentukan arah kebijakan soal pertanian.

Sebelumnya, Agustus lalu, saat menghadiri acara HKTI Jatim, Khofifah Indar Parawansa ‘menantang’ HKTI Jatim untuk membuat pendataan dan rumusan solusi untuk pertanian di Jatim.

» Baca Berita Terkait HKTI Jatim, Khofifah, Ahmad Nawardi