Jangan Panik! Pasokan Oksigen Rumah Sakit di Jatim Aman

BERSIHKAN TABUNG: Pekerja membersihkan tabung gas oksigen sebelum didistribusikan ke RS. | Foto: Kemenkominfo/Antara
BERSIHKAN TABUNG: Pekerja membersihkan tabung gas oksigen sebelum didistribusikan ke RS. | Foto: Kemenkominfo/Antara

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kecemasan soal kelangkaan pasokan oksigen untuk rumah sakit (RS) di Jatim sepertinya patut dikesampingkan. Ini karena untuk beberapa waktu ke depan, pasokan oksigen dijamin aman.

Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim, dokter Dodo Anondo usai menggelar rapat koordinasi dengan pihak kepolisian, dan perusahaan pemasok gas oksigen.

Insyaallah pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim aman, langsung dikawal polisi,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/7/2021).

Pihak perusahaan pemasok oksigen, kata Dodo, juga menjamin pasokan oksigen untuk rumah sakit darurat lapangan di sejumlah daerah di Jatim.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko menyebut Polres jajaran juga terus memonitor distribusi oksigen ke RS.

“Sampai hari ini masih mencukupi. Kita tidak tahu nanti beberapa waktu ke depan,” ujaranya.

Yang pasti, ucap Gatot, distribusi oksigen di Jatim saat ini diprioritaskan untuk kebutuhan RS demi memenuhi pasokan oksigen pasien Covid-19.

Hingga Minggu (4/7/2021), kasus Covid-19 di Jatim tercatat 178.725 kasus. Dari jumlah itu, 155.288 di antaranya sembuh, 13.173 meninggal dunia, dan 10.264 masih dirawat di RS rujukan.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona