Jangan Golput! Nyoblos Yuk, Dapat Gratis Ketan Punel Lagi

Kedai Ketan Punel Surabaya, sukseskan Pemilu 2019 dengan memberi gratis ketan antigolput. | Foto: Ist
Kedai Ketan Punel Surabaya, sukseskan Pemilu 2019 dengan memberi gratis ketan antigolput. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Menyukseskan Pemilu 2019 bisa dengan banyak cara. Tengoklah tempat jajajan tradisional di Surabaya, Kedai Ketan Punel. Tempat yang selalu ramai pengunjung ini, memberikan apresiasi kepada pembelinya yang sudah mencoblos di TPS dengan memberikan free satu porsi ketan.

Ketan yang diberikan secara gratis tersebut diberi label ‘ketan antigolput’, yakni ketan dengan rasa kelapa manis. Warna kelapanya bernuansa merah putih, warna khas bendera kebangsaan.

Ketan ini bisa dinikmati pelanggan pasca coblosan di Kedai Ketan Punel yang terletak di Jalan Raya Darmo, tepat di seberang Taman Bungkul, Surabaya, Rabu (17/4/2019) sore.

“Bagi pembeli yang datang usai mencoblos, kami berikan gratis satu porsi ketan antigolput,” ujar pemilik Kedai Ketan Punel, Wahyu Darmawan, Selasa (16/4/2019).

Syaratnya pun tidak ribet. Pembeli cukup menunjukan bekas tinta warna biru yang ada di jarinya dan bersedia difoto. “Dengan bukti tinta di jarinya, berarti dia sudah mencoblos,” sambung Wahyu.

Tak hanya menyediakan ketan antigolput, Wahyu juga menghiasi kedainya dengan berbagai pesan antigolput. Di antaranya bertuliskan “Golput Bukan Solusi, Ayo Memilih”, “Golput Itu Ndeso!”, “Jangan Golput!”, “Ayo Memilih, Pemilih Berdaulat Negara Kuat.”

Wahyu menambahkan, apa yang dilakukan di tempat usaha kulinernya tersebut semata-mata untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada warga masyarakat, utamanya pembeli ketan, yang telah menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk ikut menyukseskan Pemilu. Bentuk apresiasi kami kepada pemilih dengan memberikan satu porsi ketan gratis kepada pembeli. Ini juga sebagai salah satu upaya guna menekan angka golput,” paparnya.

Lewat iming-iming ketan antigolput, bapak dua anak tersebut berharap bisa mendorong warga Surabaya dan sekitarnya untuk ramai-ramai datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya.

“Di sisi lain, kami ingin menyampaikan bahwa Pemilu ini adalah pestanya rakyat. Jadi rakyat harus bergembira dan senang. Tidak ada yang takut atau ditakut-takuti untuk datang ke TPS dan mencoblos” tandasnya.

Apresiasi KPU Jatim

Partisipasi Kedai Ketan Punel dalam menyukseskan Pemilu dapat apresiasi dari KPU Jatim. | Foto: Ist
Partisipasi Kedai Ketan Punel dalam menyukseskan Pemilu dapat apresiasi dari KPU Jatim. | Foto: Ist

Menariknya, cara Kedai Ketan Punel ini mendapat apresiasi dari KPU Jatim. Menurut Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, hal itu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan Pemilu serta mendukung target partisipasi pemilih 77,5 persen di Pemilu 2019.

“Semoga angka golput sedikit, utamanya di Jatim. Apa yang dilakukan Kedai Ketan Punel sangat kami apresiasi,” ucap Anam.

Dia berharap, semoga dari tahun ke tahun semakin banyak pelaku usaha yang berpartisipasi menyukseskan Pemilu, seperti yang dilakukan Kedai Ketan Punel, sehingga Pemilu menjadi semakin menyenangkan.

“Kami sebagai penyelenggara Pemilu sangat mendukung apa yang dilakukan Kedai Ketan Punel. Bentuk stimulus yang diberikan, bahkan rela memberikan free dagangannya kepada warga yang sudah mencoblos, ini benar-benar layak mendapatkan apresiasi,” imbuh Anam. •

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019