Diduga ‘Serangan Fajar’ Rp 1 M, Caleg di Lamongan Diamankan!

Polres Lamongan amankan mobil dan uang Rp 1 miliar yang diduga untuk serangan fajar salah seorang Caleg. | Foto: Ist
Polres Lamongan amankan mobil dan uang Rp 1 miliar yang diduga untuk serangan fajar salah seorang Caleg. | Foto: Ist

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Waspada! ‘Serangan fajar’ untuk menebar money politics di Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) besok sudah dimulai. Di Kabupaten Ponorogo, Bawaslu setempat mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 66 juta.

Di Lamongan, uang yang diamankan Polres setempat bahkan jauh lebih besar, Rp 1 miliar. Uang tersebut dibawa Caleg dan sopirnya menggunakan mobil Toyota Innova warna putih, yang ditempatkan di bawah jok belakang.

“Ada yang diamankan dua orang, kemudian jumlah uang senilai Rp 1 miliar lebih,” terang Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung pada wartawan usai memimpin apel pengamanan Pemilu di Alun-alun Lamongan, Selasa (16/4/2019).

Terkait dugaan serangan fajar, Polres masih mendalami dan meminta waktu untuk memeriksa dua orang yang membawa uang 1 miliar tersebut. “Masih dalam pemeriksaan, tunggu 24 jamlah,” katanya.

Feby belum bisa memastikan, apakah dua orang yang diamankan petugas saat patroli pengamanan Pemilu tersebut terlibat dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu atau tidak. Pihaknya masih menunggu rapat pleno Bawaslu Lamongan.

“Belum, kami belum tahu, apakah ada dugaan tindak pidana Pemilu atau tidak,” ucapnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Norman Wahyu Hidayat, menjelaskan dua orang yang diamankan adalah sopir dan salah satu Caleg.

“Mereka diamankan di jalur poros Surabaya-Lamongan, tepatnya di barat terminal Lamongan ketika polisi sedang berpatroli,” katanya.

Selain mengamankan dua orang tersebut, polisi juga mengamankan satu unit mobil Kijang Innova warna putih, serta Alat Peraga Kampanye (APK) dan bendera salah satu Parpol. •

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019, Polres Lamongan