Senin, 24 Januari 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Ini Dia! 10 Kampus di Surabaya Paling Ramah Lingkungan

Berita Terkait

ECO CAMPUS: Tampilan di halaman depan Gedung Biru Universitas Dinamika dengan multifunction umbrella. | Foto: Dinamika/IST
ECO CAMPUS: Tampilan di halaman depan Gedung Biru Universitas Dinamika dengan multifunction umbrella. | Foto: Dinamika/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pemkot Surabaya memberikan penghargaan kepada 10 kampus terbaik di Kota Surabaya yang ramah lingkungan, Rabu (15/12/2021). Pemberian penghargaan diberikan Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji di Balai Kota Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Armuji menyampaikan terima kasih kepada kampus-kampus yang telah berperan aktif dalam program Eco Campus yang digelar Pemkot Surabaya. Menurutnya, peran serta institusi atau kampus di Surabaya sangat signifikan dalam menata dan manajemen lingkungan di Kota Pahlawan.

“Kalau lingkungan ini tidak kita tata secara bersama-sama dan tidak melibatkan orang-orang kampus, maka kita tidak bisa memastikan bagaimana lingkungan ini berubah ke depannya, apalagi ini musim pancaroba yang cuacanya tidak pasti,” paparnya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan, program Eco Campus adalah perwujudan sebuah kampus yang ramah lingkungan dan merupakan tindakan yang nyata untuk menjawab berbagai permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di lingkungan kampus.

“Surabaya sudah menggelar program ini sejak 2011. Tujuan program ini adalah agar civitas akademika mempunyai kesepahaman yang sama dengan Pemkot Surabaya mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup,” kata Suharto.

“Selain itu, civitas akademika bersedia bersama-sama melaksanakan penataan lingkungan dan kepeduliannya, tidak hanya lingkungan kampus tapi juga lingkungan sekitar,” tegasnya.

Lantas, 10 kampus mana saja yang mendapat predikat terbaik? Yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Universitas 17 Agustus 1945, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, dan Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Lalu Universitas Narotama, Universitas Dinamika (Stikom), Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Hayam Wuruk Perbanas, dan Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya.

Dari 10 terbaik itu kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan lapangan, sehingga diperoleh tiga terbaik.

Terbaik pertama yakni Universitas Dinamika, terbaik kedua Universitas Wijaya Kusuma, dan terbaik ketiga Universitas 17 Agustus 1945. Ke-10 terbaik mendapatkan trofi dan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Sementara itu Rektor Universitas Dinamika, Prof Budi Jatmiko menjelaskan program Eco Campus ini sangat bagus sebagai salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan, supaya Surabaya yang semula sudah indah akan lebih indah lagi ke depannya.

“Kita berharap program ini diteruskan dan bahkan harus dikembangkan untuk kampus-kampus lainnya. Yang paling penting juga harus gencar sosialisasinya,” katanya.

RAMAH LINGKUNGAN: Armuji serahkan penghargaan untuk kampus terbaik di Surabaya yang ramah lingkungan. | Foto: Barometerjatim/IST
RAMAH LINGKUNGAN: Armuji serahkan penghargaan untuk kampus terbaik di Surabaya yang ramah lingkungan. | Foto: Barometerjatim/IST

» Baca Berita Terkait: Kampus

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -