Incar 50% Kursi DPRD Surabaya, Risma: Banteng Harus Nyeruduk!

INCAR 50 KURSI: Risma dan Adi Sutarwijono lecut semangat kader PDIP Surabaya dalam Rakercabsus. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
INCAR 50 KURSI: Risma dan Adi Sutarwijono lecut semangat kader PDIP Surabaya dalam Rakercabsus. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini alias Risma meminta para kader banteng di Surabaya ‘nyeruduk’ di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, agar kursi di DPRD bisa mencapai 50 persen.

“Saya berharap, kursi DPRD Kota Surabaya itu 50 persen. Sekarang kita baru dapat 15 (dari total 50 kursi), 35 bukan kita miliki,” katanya saat Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDIP Surabaya, Minggu (20/9/2020).

Capaian 15 kursi dinilai belum maksimal. Karena itu, saran Risma, cara berjuangnya jangan dilakukan sebatas mau ‘pertandingan’, tapi harus dimulai jauh lebih awal sambil turun langsung ke lapangan.

Dia mencontohkan Sukadar, salah seorang pengurus PDIP Surabaya yang sukses menjadi anggota DPRD karena membangun dan mengawal upaya kemenangan dari awal, tidak sebatas mau maju Pileg.

Iku contohe Cak Kadar bondo tangi isuk ae, ngancani aku nang endi-endi menang deke (modal bangun pagi dan menemani saya turun ke lapangan, sekarang jadi anggota DPRD Surabaya),” seloroh Risma yang disambut ger-geran peserta Rakercabsus.

Secara khusus, Risma juga sudah meminta kepada Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono agar kursi PDIP di DPRD Surabaya pada 2024 jangan tetap, apalagi sampai turun.

“Sama saja saya enggak mau, harus tambah, minimal 50 persen. Banteng gak ono (tidak ada istilah) stres! Banteng nyeruduk terus! Sanggup ndak?” pinta Risma yang dijawab koor sanggup oleh peserta Rakorcabsus.

Perempuan yang juga wali kota Surabaya itu menambahkan, kalau kursi PDIP di DPRD Surabaya banyak, maka program-program yang telah disiapkan bisa ditelorkan untuk kesejahteraan warga.

Bahkan, Risma mempersilakan namanya dimanfaatkan untuk kepentingan calon dari PDIP. “Di daerah lain saya kampanye ke Papua, Aceh, masa di sini tak ada yang memanfaatkan,” katanya.

Saat ini, PDIP yang menjuarai Pileg 2019 di Surabaya meraih 15 kursi DPRD. Disusul PKB, Gerindra, Golkar dan PKS masing-masing 5 kursi. Lalu PSI dan Denokrat masing-masing 4 kursi. Nasdem dan PAN masing-masing 3 kursi, dan PPP 1 kursi.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya