HSN di Jatim, 1000 Mahasantri Akan Digembleng Gus Baha

KIAI 'MILENIAL': Gus Baha, akan mengisi kegiatan peringatan Hari Santri yang digelar PWNU Jatim. | Foto: IST
KIAI ‘MILENIAL’: Gus Baha, akan mengisi kegiatan peringatan Hari Santri yang digelar PWNU Jatim. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) akan mengumpulkan 1.000 mahasantri (santri yang mahasiswa) kader NU, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019.

Ketua Panitia HSN PWNU Jatim 2019, KH Abdus Salam Sohibh alias Gus Salam menuturkan, 1.000 mahasantri tersebut dihadirkan untuk mengikuti dauroh (kegiatan/pelatihan) pada 12 Oktober 2019.

“Pembicara utamanya adalah ulama muda NU, yaitu KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dari Jateng,” kata Gus Salam di kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (24/9/2019) sore.

Selain dauroh mahasantri, kegiatan juga diisi resepsi dan tasyakuran dengan menunjuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Malang Raya — Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu — sebagai tuan rumah pada 22 Oktober 2019.

“Salah satu kegiatannya adalah ijazah sanad kitab Arba’in Nawawi oleh sembilan masyayikh, sembilan kiai utama di Jatim,” jelas Gus Salam yang juga wakil ketua PWNU Jatim.

Sedangkan puncak peringatan HSN digelar pada 27 Oktober 2019 lewat acara Santri Culture Night Carnival, yang menampilkan budaya santri mencakup religi, seni, budaya dan prestasi.

“Panggung utamanya nanti di depan gedung PWNU, dan peserta berparade mengelilingi Masjid Al Akbar melaui jalan utama,” ucap Gus Salam.

» Baca Berita Terkait PWNU Jatim, Pesantren