Hemat Energi! 20 Perusahaan di Surabaya Diganjar Penghargaan

HEMAT ENERGI: Eri Cahyadi, beri penghargaan 20 perusahaan hemat energi di Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim/IST
HEMAT ENERGI: Eri Cahyadi, beri penghargaan 20 perusahaan hemat energi di Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pemkot Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), memberikan penghargaan kepada 20 perusahaan swasta yang berkontribusi dalam bidang inovasi pengelolaan lingkungan hidup dan hemat energi di Kota Pahlawan.

Penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di lantai 2 Gedung Balai Kota Surabaya, Selasa (16/11/2021).

Pemberian penghargaan lomba Klinik Hemat Energi Kategori Gedung Komersial dan Industri tahun 2021 ini, dibagi menjadi empat sub bagian. Yakni, tiga perusahaan terbaik Kategori Hemat Energi Gedung Komersial dan tiga perusahaan terbaik Kategori Hemat Energi Gedung Industri.

Selain itu, ada tujuh perusahaan terbaik Kategori Hemat Energi Gedung Komersial dan tujuh terbaik Kategori Hemat Energi Gedung Industri.

Dalam kesempatan tersebut, Eri menyampaikan terima kasih kepada 20 perusahan terbaik yang sudah berupaya melakukan perlindungan dan pengelolaan  lingkungan hidup serta kesadarannya dalam penggunaan energi, menerapkan efisiensi, inovasi energi dan manajemen energi di Surabaya.

Insyaallah dengan menghemat energi dan seluruh inovasi yang panjenengan semua lakukan, maka secara otomatis kondisi lingkungan kita akan selalu terjaga menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Eri menegaskan, dengan melakukan hemat energi pula pada 19 Oktober 2021 Pemkot berhasil meraih penghargaan udara terbersih di tingkat ASEAN. Karena itu, dia berharap seluruh elemen masyarakat, investor dan perusahaan di Surabaya turut serta menggembangkan inovasi dan menjaga lingkungan di sekitarnya.

“Ini terus dilakukan, bukan hanya soal udara. Tapi ada juga soal tanah dan air. Ini menjadi tantangan kita ke depannya untuk terus berinovasi untuk menjaga lingkungan,” ujar Eri.

“Kali ini saya berterima kasih kepada 10 gedung komersial dan 10 gedung industri yang sudah berkontribusi, serta mengembangkan inovasinya,” tandasnya.

Eri berharap, dengan adanya lomba inovasi pengelolaan lingkungan hidup dan hemat energi kali tahun ini, berdampak baik di masa mendatang. Sehingga lingkungan menjadi semakin nyaman untuk generasi berikutnya.

“Kita kan juga ada Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur untuk bangunan green building. Jadi, semua bangunan harus hijau lingkungannya, harus hemat, lingkungan juga harus sehat,” ucap Eri.

“Terutama untuk bangunan yang akan dibangun, ketika izin amdal, IMB, itu include di dalam Perwali. Maka dari itu, ayo kita jaga lingkungan kita,” pungkasnya.

» Baca Berita Terkait Pemkot Surabaya