Hari Pahlawan, SIER: Kalahkan Kemiskinan dan Kebodohan!

HARI PAHLAWAN: PT SIER peringati Hari Pahlawan dengan menggelar upacara secara hybrid. | Foto: Barometerjatim.com/IST
HARI PAHLAWAN: PT SIER peringati Hari Pahlawan dengan menggelar upacara secara hybrid. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) turut memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar upacara secara hybrid di Gedung Basroni Rizal, Wisma SIER, Rabu (10/11/2021). Upacara diikuti pegawai SIER dan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) lainnya via zoom di lokasi masing-masing.

Bertindak selaku inspektur upacara yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat tersebut, yakni Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono.

Saat membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Didik menegaskan, semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya.

“Saat ini, kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan. Karena lndonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis,” ujar Didik.

Dia mengatakan, tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat pantang menyerah.

Dalam 20 tahun mendatang, kata Didik, Indonesia akan memasuki periode bonus demografi, yaitu masa dimana angka dependency ratio mencapai angka minimal.

Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus diantisipasi dengan cerdas dan seksama.

“Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya. Kita pasti bisa, karena Tuhan kita Maha Kaya dan Maha Adil,” kata Didik.

“Hal ini harus menjadi cambuk untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan lndonesia. Kini saatnya kita berdiri dan bergandengan tangan, kita pasti bisa,” tegas Sekretaris IKA Fakultas Ekonomi Bisnis Unair tersebut.

Melalui peringatan Hari Pahlawan 2021, Didik juga meminta kepada seluruh pegawai PT SIER sebagai perusahaan BUMN pengelola kawasan industri ini untuk bersama-sama bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi,” katanya.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya,” tuntas Didik.

» Baca Berita Terkait Hari Pahlawan