Gus Yaqut Dilantik, Fauzan: Ini Baru Menteri Agama dari PKB!

REPRESENTASI PKB: Gus Yaqut, Menteri Agama representasi PKB di Kabinet Jokowi-Ma'ruf. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
REPRESENTASI PKB: Gus Yaqut, Menteri Agama representasi PKB di Kabinet Jokowi-Ma’ruf. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rabu (23/12/2020), Ketua DPP Bidang Pertahanan dan Keamanan PKB, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat Menteri Agama (Menag).

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fu’adi berterima kasih kepada Jokowi karena baru kali ini kursi Menag diisi tokoh partai yang kelahirannya dibidani Nahlatul Ulama (NU) tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Pak Jokowi. Ini baru Menteri Agama dari PKB sejak 1999 (pasca reformasi),” kata politikus yang juga ketua Fraksi PKB DPRD Jatim tersebut, Kamis (24/12/2020).

Ya, mengutip Wikipedia, dari delapan Menteri Agama memang baru Gus Yakut dari berasal dari PKB. Selebihnya, Muhammad Tholchah Hasan dari NU, Said Agil Husin Al Munawar (NU), Muhammad Maftuh Basyuni (NU), Suryadharma Ali (PPP-NU), Plt Menag Agung Laksono (Golkar), Lukman Hakim Saifuddin (PPP-NU), dan Fachrul Razi (militer).

Apakah kehadiran Gus Yaqut di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin lebih merepresentasikan PKB, mengingat mantan wakil bupati Rembang itu juga ketua umum PP GP Asnor?

Fauzan tak mau meladeni framing tersebut. Terpenting, kehadiran Gus Yaqut di kabinet berdampak ke PKB. “Ini lain dengan Bu Khofifah (Indar Parawansa) dulu, 2014, waktu Mensos,” katanya.

Menurut Fauzan, saat itu Khofifah bisa dibilang representasi NU karena dalam perjalanan di Pilpres 2014 aktif mendukung pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla.

“Partai kayak PKB, PPP yang pernah disinggahi Bu Khofifah, kan enggak ada yang mengklaim. Ngeklaim juga dianggap angin lalu,” katanya.

Tapi Gus Yaqut, tandas Fauzan, jelas-jelas sangat lain. Bahkan menjadi pengurus sejak PKB berdiri. Mulai menjadi ketua DPC PKB Rembang, wakil ketua DPW PKB Jateng, ketua DPRD Rembang dari Fraksi PKB, hingga wakil bupati Rembang.

“Menjadi DPR dari PKB juga sudah dua periode ini. Itu dari sisi beliaunya. Orang tuanya juga anggota DPR dari PKB, pendiri PKB. Pamannya, Gus Mus juga deklarator PKB. Jadi mau diragukan apanya, ke-PKB-annya,” kata Fauzan.

“Kalau beliau dianggap representasi NU, PKB ya harusnya protes. Kursi (menteri) dikurangi enggak diganti,” tegas Wakil Ketua bidang Politik dan Pemerintahan PW GP Ansor Jatim tersebut.

» Baca Berita Terkait PKB