Gus Ipul Tak Datang, Soekarwo Pulang Lewat Pintu Belakang

Khofifah dan Soekarwo, Sertijab Gubernur-Wagub Jatim tanpa dihadiri Gus Ipul. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Khofifah dan Soekarwo, Sertijab Gubernur-Wagub Jatim tanpa dihadiri Gus Ipul. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Lagi-lagi  Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tak datang di acara terkait Khofifah Indar Parawansa yang dihadiri Soekarwo alias Pakde Karwo. Kali ini saat prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2019-2024 di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2/2019).

Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar sempat menyinggung ketidakhadiran Gus Ipul dalam acara yang juga dihadiri Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono tersebut.

“Selamat datang Pakde Karwo! Selamat datang juga Gus Ipul! Lho Gus Ipul tidak hadir ya, tadi saya kelihatan tapi sekarang tidak ada ya,” kata Halim mencoba mencairkan suasana.

Khofifah pun menimpali Halim. “Sesungguhnya Pakde, meski Gus Ipul tidak hadir, insyaallah hatinya Gus Ipul ada di sini,” katanya sebelum menyampaikan Visi Misi Gubernur dan Wagub Jatim 2019-2024 usai prosesi Sertijab.

Ya, ini adalah kali kedua Gus Ipul tak hadir. Sebelumnya, mantan Wagub Jatim itu absen saat acara Purnatugas Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (11/2/2019) malam.

Spekulasi kalau Gus Ipul masih ‘kecewa’ lantaran tak didukung Pakde Karwo di Pilgub Jatim 2018 pun makin berhembus kencang. Sebab, sehari sebelumnya, Minggu (10/2/2019) malam, Gus Ipul justru datang ke rumah Khofifah di kawasan Jemursari, Surabaya.

Bahkan, usai Khofifah dilantik dan menggelar syukuran di Grahadi, Kamis (14/2/2019) malam, Gus Ipul kembali datang bersama istrinya, Fatma Saifullah Yusuf.

Selain memberikan ucapan selamat, Gus Ipul memberikan hadiah buku berjudul Perubahan Berkelanjutan yang berisi pengalamannya selama 10 tahun menjabat sebagai Wagub mendampingi Pakde Karwo.

Kelabui Awak Media

Soekarwo dan istrinya memberikan ucapan selamat kepada Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Soekarwo dan istrinya memberikan ucapan selamat kepada Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

Tak ada jawaban yang jelas mengapa Gus Ipul tidak hadir, awak media memilih menunggu jawaban dari Pakde Karwo. Tapi ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu mungkin sudah terasa akan ditanya soal Gus Ipul, sehingga memilih pulang dengan cara ‘mengelabui’ wartawan.

“Lho, Pakde sudah pulang. Tadi langsung pulang usai acara,” kata salah seorang petugas protokol DPRD Jatim. Lewat mana? “Pintu belakang, hayo kecolongan ya,” goda petugas tersebut.

Ya, awak media kecolongan! Sebab, tidak biasanya Pakde Karwo pulang lewat pintu belakang. Apalagi selama ini dia selalu melayani permintaan wawancara hingga tuntas dan menjawab pertanyaan apapun dengan ramah, bahkan kerap bercanda dengan awak media.

Sebenarnya, usai menemui Khofifah di Grahadi, Kamis (14/2/2019) malam, Gus Ipul sudah memberi isyarat tak hadir saat Sertijab. “Ya itu formalitas ya, kita bicara yang realitaslah. Yang formalitas- formalitas ya tentu nanti ada yang bertanggung jawab. Wakil ini kan, eh.. ya nanti formalitas itu,” katanya.

Gus Ipul merasa sudah cukup dengan mendatangi Khofifah dan mengucapkan selamat. Bahkan dia bersama Habib Syech bershalawat bersama puluhan ribu jamaah di Lapangan Makodam V Brawijaya, bersyukur bisa mengakhiri jabatan dengan ‘khusnul khatimah’ sekaligus mendoakan Khofifah.

“Saya, katakanlah yang kalah, membikin selamatan untuk mengiringi pelantikan Bu Khofifah. Itu sudah luar biasa! Jadi kalau acara serah terima, ya mungkin cukup gubernur sebelumnya,” katanya.•

» Baca Berita Terkait Pakde Karwo, Khofifah, Gus Ipul