Gus Ali: SK Pengurus PCNU Surabaya Sebentar Lagi Turun!

SK SEGERA TURUN: Gus Ali dan Muhibbin usai memperingati Nuzulul Qur'an di kantor PCNU Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SK SEGERA TURUN: Gus Ali dan Muhibbin usai memperingati Nuzulul Qur’an di kantor PCNU Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Agoes Ali Masyhuri alias Gus Ali memastikan SK kepengurusan PCNU Surabaya periode 2021-2026 yang diketuai KH Muhibbin Zuhri segera turun.

“Sebentar lagi,” katanya saat ditanya Barometerjatim.com usai mengisi tausiyah pada peringatan Nuzulul Qur’an dan Launching HBNO Channel di aula kantor PCNU Surabaya, Jalan Bubutan VI/2, Selasa (4/5/2021) malam.

Pasti turun ya? “Turun,” tegasnya. Soal aktivitas kepengurusan saat ini apakah tetap jalan? “Jalan, jalan,” katanya sambil masuk ke dalam mobil dan berlalu meninggalkan kantor PCNU Surabaya.

Sebelumnya, sejak terpilih kembali memimpin PCNU Surabaya, hingga kini Muhibbin dan kepengurusannya belum dilantik lantaran SK dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tak kunjung turun.

Muhibbin terpilih secara aklamasi lewat Konferensi Cabang (Konfercab) yang dipimpin Ketua Karteker sekaligus salah seorang ketua PBNU, Robikin Emhas di kantor PCNU Surabaya, Sabtu malam, 6 Maret 2021.

Begitu pula dengan KH Mas Sulaiman Nur, kembali terpilih sebagai rais syuriyah lewat musyawarah melalui sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) yang beranggotakan lima kiai sepuh.

Meski SK belum turun, Gus Ali dalam tausiahnya meminta Muhibbin dan kepengurusannya tetap menjalankan roda organisasi dengan ikhlas.

Mudun SK-e gak mudun tetep jalan (SK turun atau tidak tetap jalan),” kata Gus Ali yang disambut aplaus hadirin.

“Jalan Pak Muhibbin, jalan. Masyaallah, mudah-mudahan berkah,” sambung kiai yang juga pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Sholawat Sidoarjo tersebut.

“Langsung dilantik!” celetuk salah seorang yang hadir. “Insyaallah, insyaallah. Kalau SK-nya keluar diundang lagi saya,” canda Gus Ali, lagi-lagi disambut gemuruh dan aplaus hadirin.

Semua Berjalan Baik

NUZULUL QUR'AN: Gus Ali saat mengisi tausiyah memperingati Nuzulul Qur'an di kantor PCNU Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
NUZULUL QUR’AN: Gus Ali saat mengisi tausiyah memperingati Nuzulul Qur’an di kantor PCNU Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Menanggapi pernyataan Gus Ali yang memastikan SK segera turun, Muhibbin menuturkan ber-NU adalah pengkhidmatan. “Sejauh ini everything is running well (semuanya berjalan dengan baik,” katanya.

“Kegiatan-kegiatan, baik di ranting, MWC (Majelis Wakil Cabang), maupun di cabang sendiri, itu berjalan baik, aktif, sesuai dengan program dan kebijakan PBNU juga PWNU.”

Muhibbin berharap, sinergi bisa segera terbangun dengan baik, sehingga program-program yang ada berjalan semakin efektif.

SK belum turun karena ada sesuatu atau hanya soal waktu? “Saya kira soal waktu saja, dan kita kan memang situasinya pandemi. Mungkin secara administratif dan lain sebagainya masih memerlukan rapat-rapat,” katanya.

Muhibbin menambahkan, semua pihak juga bisa melihat PCNU terkonsolidasi dan bisa bekerja dengan baik. “Mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan lebih baik lagi,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait PCNU Surabaya