Gus Abid Kandidat Terkuat! Gus Syafiq Cocok Maju Bupati Tuban

(Dari kiri) Gus Abid, Gus Wahab dan Gus Syafiq jelang Konferwil Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
(Dari kiri) Gus Abid, Gus Wahab dan Gus Syafiq jelang Konferwil Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Siapa ketua definitif PW GP Ansor Jatim, baru ditentukan lewat Konferensi Wilayah (Konferwil) yang akan digelar sebelum 30 Mei 2019 — merujuk akhir SK penunjukan Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid.

Akankah Gus Abid mencalonan diri? Cucu Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ploso, Kediri, KH Zainuddin Djazuli itu masih enggan terbuka saat diwawancarai Barometerjatim.com, Minggu (5/5/2019) malam.

Namun sahabatnya yang juga Ketua PW MDS Rijalul Ansor Jatim, Abdul Wahab Yahya (Gus Wahab) memberi bocoran kalau saat ini baru ada dua kandidat kuat, yakni Gus Abid dan Syafiq Syauqi (Gus Syafiq), ketua PC GP Ansor Tuban.

“Gus Abid masih leading. Kalau Gus Syafiq kemarin ditanya oleh orang-orang itu inginnya ke Tuban 1 (nyalon bupati Tuban 2020),” ungkap Gus Wahab.

Namun usai Penutupan Rakorwil dan Silaturahim bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parwansa di Grahadi, 13 Maret 2019, Gus Syafiq memberi isyarat belum ‘lempar handuk’ di bursa pencalonan ketua Ansor Jatim.

“Ya karena desakan dari adik kandung Pak Huda (Bupati Tuban Fathul Huda, mertua Gus Syafiq), namanya Nasrudin. Itu memaksa (agar Gus Syafiq maju di bursa ketua PW Ansor Jatim). Padahal masyarakat Tuban ingin Gus Syafiq yang maju Tuban 1, meneruskan Pak Huda,” beber Gus Wahab.

Nasirudin mendorong Gus Syafiq bertarung di Ansor Jatim 1, menurut Gus Wahab yang masih keluarga Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, karena disebut-sebut bakal maju di Pilbup Tuban 2020.

“Cuma masyarakat di Tuban, kalau umpama Pak Nasrudin (maju) sama Gus Syafiq itu maju, ya jauh. Masih bagus Gus Syafiq. Makanya (Nasrudin) mendorong agar Gus Syafiq maju ke PW (Ansor Jatim),” ucapnya.

Karena itu, secara pribadi, Gus Wahab meminta agar Gus Syafiq agar maju di Pilbup Tuban 2010. Lagi pula untuk bertarung di Ansor Jatim, dia belum banyak mendapat dukungan dari PC maupun PAC.

“Banyak Gus Abid kalau suara PC, karena Gus Abid kan intensif mengumpulkan mereka, termasuk baru-baru ini acara di Kediri. Konsolidasi dan memberikan semangat pada PC-PC yang baru, agar Ansor menjadi organisasi di bawah NU yang sangat kuat,” jelasnya.

Selain itu, dengan maju di Pilbup Tuban dan kalau terpilih menjadi bupati, Gus Syafiq bisa mengamankan kander-kader NU agar tetap bisa merapatkan barisan dalam mengatur pemerintahan di Tuban.

“Gus Syafiq enaknya di Tuban 1, karena sekarang yang dibutuhkan kan tokoh egaliter. Kalau Gus Syafiq ke Tuban 1, seminggu tak inepi (seminggu bermalam untuk mendukung pemenangan),” tuntasnya.•

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim