Giliran Rumah Mantan Ajudan Pakde Karwo Digeledah KPK

Ilustrasi KPK | Foto: IST
Ilustrasi KPK | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) makin gencar saja ‘mengobok-obok’ Jatim. Dalam tiga hari ini, rumah sejumlah pensiunan dan pejabat Pemprov Jatim digeledah.

Setelah kantor dan rumah pribadi Kadishub Jatim, Fattah Jasin serta mantan Sekdaprov Akhmad Sukardi, Jumat (9/8/2019) hari ini KPK menggeledah rumah Karsali, mantan ajudan Soekarwo alias Pakde Karwo — mantan Gubernur Jatim.

Rumah Karsali, saat ini menjabat Komisaris Bank UMKM Jatim, yang digeledah berada di Perumahan Sakura Regency Blok AA No 12A, Ketintang Selatan, Surabaya.

“Kurang lebih ada enam orang pakai rompi KPK,” kata Karman, satpam setempat. Enam orang itu memulai penggeledahan sekitar pukul 15.30 WIB di setiap ruangan rumah. Saat penggeledahan, Karsali tidak berada di rumah.

Dari Jakarta, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, penggeladahan yang dilakukan tim KPK di rumah Karsali bersamaan dengan penggeledahan di rumah mantan Kepala Bappeda Jatim, Zainal Abidin di Jalan Asem 1, Surabaya.

Selain itu, KPK juga melakukan rekonstruksi di rumah Budi Juniarto. Kepala Bidang Fisik Prasarana Bappeda Jatim ini pernah diperiksa KPK pada 26 Juli 2019, dan rumahnya sempat digeledah pada 11 Juli 2019.

Kamis (8/8/2019) kemarin, penyidik KPK juga menggeledah Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim selama lima jam.

Penggeledahan ini terkait kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung tahun anggaran 2018, yang menyeret Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono sebagai tersangka.

Sementara itu, usai tiga jam menggeledah rumah Karsali, tim KPK terlihat membawa dua koper dan sebuah kardus yang kemudian dimasukkan ke bagasi mobil.

» Baca Berita Terkait KPK, Pemprov Jatim