Geger Daging Busuk BPNT di Tuban, PB PMII: Tak Manusiawi!

DAGING BUSUK PROGRAM BPNT: Daging ayam yang sudah membusuk ternyata masih dibagikan lewat program BPNT di Tuban. | Foto: IST
DAGING BUSUK PROGRAM BPNT: Daging ayam yang sudah membusuk ternyata masih dibagikan lewat program BPNT di Tuban. | Foto: IST

TUBAN, Barometerjatim.com – Pembagian daging ayam yang sudah membusuk lewat program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di Tuban, menuai kecaman keras dari Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII).

“Kami mengecam keras kecurangan tersebut. Pembagian daging busuk kepada masyarakat sangat tidak manusiawi, terlebih terjadi pada masa pandemi,” geram Wasekjen PB PMII, Zulfahmy Wahab, Jumat (14/8/2020).

“Ini sangat bertolak belakang dengan semangat program pengentasan kemiskinan dari Presiden Jokowi,” sambung aktivis kelahiran Bojonegoro tersebut.

Apalagi, menurut Zulfahmy, penyimpangan dalam penyaluran bantuan pangan yang terjadi di Tuban bukanlah temuan yang pertama. Beberapa waktu lalu juga sempat viral soal beras BPNT yang berkutu.

PB PMII pun mendesak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) selaku ketua tim pengendali pelaksanaan penyaluran bantuan sosial nontunai serta Menteri Sosial sebagai pelaksana teknis program, agar bertanggung jawab secara menyeluruh.

“Untuk bertanggung jawab dan melakukan evaluasi secara menyeluruh, serta harus segera menurunkan tim pencari fakta atas laporan penyimpangan dalam penyaluran bantuan sosial pangan,” katanya.

Selain itu, PB PMII akan mengintruksikan kadernya di seluruh Indonesia untuk melakukan pengawasan terhadap penyaluran semua program bantuan sosial pemerintah.

Sense of crisis kita sama, oleh karena itu segala program bantuan sosial kepada masyarakat harus dilaksanakan dengan tepat,” katanya.

“Baik tepat sasaran, jumlah, waktu, harga, kualitas, dan administrasi. Jangan sampai di tengah pandemi seperti ini rakyat terzalimi dan dirugikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kamis (13/8/2020), Kepala Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban, Arif Rahman Hakim mengamuk lantaran mengetahui warganya sakit dan muntah-muntah akibat mengonsumsi daging ayam busuk program BPNT.

Arif semakin kaget, ketika mendatangi lokasi penyaluran, mendapati sejumlah daging untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT mulai membusuk. Dia pun marah dan langsung membuangnya ke jalan.

GERAM: Arif Rahman Hakim, geram warganya muntah-muntah akibat mengonsumsi daging busuk BPNT. | Foto: IST
GERAM: Arif Rahman Hakim, geram warganya muntah-muntah akibat mengonsumsi daging busuk BPNT. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait Bansos