Gaji Pertama Lulusan Unair: Beberapa Masih di Bawah UMR!

SOROTI GAJI ALUMNI UNAIR: Prof Nasih, rata-rata gaji pertama lulusan Unair belum cukup tinggi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SOROTI GAJI ALUMNI UNAIR: Prof Nasih, rata-rata gaji pertama lulusan Unair belum cukup tinggi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya waktu tunggu yang agak lama untuk dapat pekerjaan, 3,5 sampai 4 bulan, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Mohammad Nasih menyebut gaji pertama alumninya juga belum cukup tinggi.

“Bahkan ada beberapa alumni itu yang gaji pertamanya masih di bawah UMR (Upah Minimum Regional), rata-rata masih di angka dua juta koma sekian,” bebernya dalam acara Pelantikan Pengurus Pusat IKA Unair Masa Bakti 2021-2025 di Aula Garuda Mukti, Surabaya, Sabtu (11/9/2021) malam.

Karena itu, Prof Nasih menegaskan dibutuhkan uluran tangan IKA Unair untuk membantu adik-adiknya. Sebab, kalau alumninya saja tidak percaya pada adik-adiknya, pada lulusan-lulusan baru, apalagi orang lain.

“Tadi konsen kita adalah, kalau boso (bahasa) Suroboyoane itu gini, kawan-kawan alumni itu kalau ada kesempatan ya kita minta untuk mendahulukan almamaternya. Itu penting itu, itu saja sebenarnya yang penting,” katanya.

“Jadi kalau ada pelamar, nilainya sama, mbok yang dipilih itu alumni Unair. Kita ingin kawan-kawan alumni itu begitu,” tandas Prof Nasih.

Termasuk kalau ada lowongan tertentu, dia minta disampaikan ke Unair dan akan di-support penuh. “Intinya, boso Suroboyoan-nya itu, ayo para alumni memberikan perhatian lebih kepada almamaternya,” ucapnya.

Sementara itu Sekjen IKA Unair, Indra Nur Fauzi menuturkan, IKA hadir memang untuk bersinergi dengan kampusnya. Karena itu kalau ada tantangan terkait employability skill, masa tunggu agak lama, maupun gaji pertama yang masih rendah, maka IKA akan support.

“Di kami ada namanya kemitraan dengan usaha swasta, pemerintah, lembaga sosial kemasyarakatan, kemudian pengembangan usaha mandiri, tentu itu bagian dari ikhtiar IKA,” katanya.

Soal teknisnya, IKA Unair akan intensif dengan tim dari Unair agar bisa support kepentingan kampus. “Karena IKA hadir juga salah satunya untuk men-support kampus,” ucap Indra.

» Baca Berita Terkait UnairKampus