Formasi Belum Turun, BKD Jatim Siapkan Rp 5 M untuk Tes CPNS

TES CPNS: Anom Surahno, BKD Jatim siapkan Rp 5 miliar untuk tes CPNS 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
TES CPNS: Anom Surahno, BKD Jatim siapkan Rp 5 miliar untuk tes CPNS 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski belum ada kepastian formasi dari Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Jumlah anggaran ini mengacu pada pelaksanaan tes CPNS tahun lalu. Dengan peserta 60 ribu orang, Pemprov menghabiskan Rp 4 sampai 5 miliar yang diperuntukkan untuk menyediakan tempat tes dan komputer.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim sendiri, hingga sekarang belum menentukan lokasi tes CPNS tahun ini. Mekanisme penentuan lokasi masih harus melewati tender terbuka di Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kami memang integrasikan dengan BKN sebagai pelaksana, agar lebih memudahkan pelaksanaan tes. Kami sudah teken kerja sama dengan BKN, jadi nanti tempat tes tergantung siapa yang menang tender di Jakarta,” ungkap Kepala BKD Jatim, Anom Surahno, Senin (8/7/2019).

Tahun ini, Pemprov Jatim mengajukan sekitar 2.000 kebutuhan pegawai. Dari jumlah formasi yang diajukan tersebut, 25 persen masih didominasi lowongan untuk tenaga pendidik, disusul kesehatan.

Kendati demikian, jumlah yang diajukan tersebut belum tentu disetujui seluruhnya. Tahun lalu misalnya, BKD Jatim mengajukan 2.242 formasi ke Kemenpan RB, hanya 1.964 lowongan yang dibuka.

Diharapkan, Agustus sudah selesai formasi yang digodok di Kemenpan RB tersebut. Dengan begitu, Oktober 2019 diperkirakan tes CPNS dapat digelar.

» Baca Berita Terkait Khofifah, Pemprov Jatim