Emil Calon Kuat! Lebih Realistis Menantu Soekarwo Kolaborasi

OMPAK: Bayu-Emil tampil kompak di depan AHY saat berkunjung ke Surabaya sebelum pandemi. | Foto: Barometerjatim.com /ROY HS/DOK
KOMPAK: Bayu-Emil tampil kompak di depan AHY saat berkunjung ke Surabaya sebelum pandemi. | Foto: Barometerjatim.com /ROY HS/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dua figur muda potensial muncul dalam bursa ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim, yakni Wagub Emil Elestianto Dardak dan Ketua Fraksi PD DPRD Jatim, Bayu Airlangga yang juga menantu Soekarwo alias Pakde Karwo.

Akankah keduanya tersulut rivalitas? “Saya kok tidak melihat adanya rivalitas ya, antara Mas Emil dan Mas Bayu di Demokrat Jatim. Bahkan menurut saya justru cenderung klik antarkeduanya,” nilai Pengamat Politik Surokim Abdussalam kapada Barometerjatim.com, Jumat (29/1/2021).

Surokim juga tak mau membandingkan antara Emil dan Bayu, mana yang lebih layak memimpin Demokrat Jatim? “Kok lebih baik berkolaborasi antarkeduanya, he.. he.. Saya pikir Mas Emil masih jadi kandidat kuat dan Mas Bayu akan lebih realistis untuk berkolaborasi,” tandasnya.

Lagi pula, Surokim melihat tak ada pertanda kalau Pakde Karwo menginginkan menantunya memimpin Demokrat Jatim. “Sinyal Pakde menginginkan Mas Bayu jadi ketua juga belum ada, dan menurut saya akan bermain save dalam Musda kali ini,” katanya.

Bagi Surokim, Pakde Karwo sangat matang dalam politik dan selalu bisa ‘bermain cantik’. Selama ini juga selalu bisa menyamakan frekuensi dengan Cikeas — merujuk kediaman pribadi Susilo Bambang Yudhiyono (SBY), pengendali utama Demokrat.

“Jika pun berbeda, Pakde selalu bisa main cantik. Saya pikir pilihan Cikeas kepada Mas Emil sebagai Plt tentu juga akan membuat frekuensi Pakde akan menyamakan dengan Cikeas,” kata peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) tersebut.

Dengan mencermati hal tersebut, Surokim yang juga dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melihat Pakde Karwo akan melihat arah angin DPP — dalam hal ini Cikeas.

Seperti diberitakan, lima kandidat ketua dihembuskan untuk bertarung lewat arena Musyawarah Daerah (Musda) VI DPD Partai Demokrat (PD) Jatim, 12 Februari 2021.

Mereka yakni Wagub Jatim/Plt (Pelaksana Tugas) Ketua PD Jatim, Emil Dardak; Anggota DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto; Wakil Ketua DPRD Jatim, Ahmad Iskandar; Bendahara PD Jatim/Ketua Fraksi PD DPRD Jatim; Sri Subiati; serta Sekretaris DPD PD Jatim/Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim, Bayu Airlangga.

» Baca Berita Terkait Emil Dardak