Dukungan untuk Emil Mengalir Deras di Wilayah Azwar Anas

DUKUNAGN BURUH PABRIK: Cawagub Jaim, Emil Dardak bersama ribuan buruh pabrik pengalengan ikan di Muncar, Banyuwangi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DUKUNAGN BURUH PABRIK: Cawagub Jatim, Emil Dardak bersama ribuan buruh pabrik pengalengan ikan di Muncar, Banyuwangi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

BANYUWANGI, Barometerjatim.com – Gelombang dukungan untuk Cawagub Emil Elestianto Dardak mengalir deras di Banyuwangi, wilayah yang dipimpin Bupati Abdullah Azwar Anas — mantan Bacawagub pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebelum diganti Puti Guntur Soekarno.

Emil melakukan kunjungan ke Bumi Blambangan, Minggu (18/3). Tiba di Bandara Blimbingsari sekitar pukul 07.00 WIB, kehadirannya disambut ratusan relawan dan  langsung diantar menuju titik kunjungan di Pasar Muncar.

Di tempat ini, Emil disambut antusias para pedagang. Mereka saling bersahutan menyapa dan memuji doktor termuda lulusan Jepang tersebut. “Duh mak genteng tang wakil gubernur sengkok (Duh gantengnya wakil gubernurku),” kata salah satu pedagang yang ikut berjubel untuk foto bersama.

• Baca: Pantau Terminal, Malam-malam Emil Blusukan di Bungurasih

Sekitar satu jam berinteraksi dengan pedagang pasar, Emil kemudian bergerak ke PT Sumber Yala Samudera, Muncar. Di pabrik pengalengan ikan ini, Emil menyempatkan diri melihat proses pengalengan ikan dan menyerap aspirasi para pekerja.

“Halo Pak Emil gandengannya Bu Khofifah, semoga menang ya,” ujar karyawan yang lagi bekerja di antara ribuan karyawan lainnya.

Bagi Emil, dukungan ini diharapkan menambah pundi-pundi suara untuk kemenangan Khofifah-Emil di Bumi Blambangan. Sebelumnya, dalam rilis salah satu lembaga survei, pasangan nomor urut satu mengungguli pasangan nomor urut dua, Gus Ipul-Puti.

• Baca: Ziarah ke Makam Kiai As’ad, Emil Disambut Ribuan Santri

Susiani, salah seorang buruh pabrik saat ditanya perihal Emil menuturkan harapannya agar pasangan Khofifah-Emil menang, serta dapat memimpin Jatim ke depan lebih baik lagi.

“Saya dan seluruh buruh pabrik semuanya, sudah pasti memilih Khofifah-Emil karena beliau berprestasi dan merakyat,” katanya.

Tis-Tas dan MJC

Sementara Emil menuturkan, banyak sekali lulusan SMK masih sulit mencari pekerjaan karena problem kualitas  pendidikan. Atas dasar itu, dirinya sudah mempersiapkan  program Pendidikan Tis-Tas (Gratis dan  Berkualitas) serta Millennial Job Center (MJC) sebagai jawaban atas problem tersebut.

MJC, terang Emil, adalah pembekalan kerja dan skill tambahan untuk mereka yang lulusan S1 maupun pendidikan vokasi. Mereka akan digembleng meningkatkan skill, serta menjadi profesional di bidang masing-masing dan ke depan pemuda diharapkan mencari klien bukan melamar pekerjaan.

• Baca: Putri Pendiri NU: Khofifah-Emil Ibarat Tumbu Ketemu Tutup

“Ibu -ibu saya berharap semua putra-putri bapak dan ibu bisa menikmati pendidikan yang tidak hanya gratis, namun berkualitas,” katanya.

“Agar cepat mendapatkan kerja, ini (Program Tis-Tas dan MJC) yang akan jadi salah satu program Khofifah-Emil agar lulusan anak didik kita lebih berkualitas dan menjawab tantangan zaman,” jelasnya.