Ziarah ke Makam Kiai As’ad, Emil Disambut Ribuan Santri

SANTRI BERSAMA EMIL: Ribuan santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah di Desa Sukorejo menyambut kehadiran Cawagub Emil Dardak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SANTRI BERSAMA EMIL: Ribuan santri Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo menyambut kehadiran Cawagub Emil Dardak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SITUBONDO, Barometerjatim.com – Usai mendapat sambutan hangat di Bumi Blambangan Banyuwangi, Emil Elestianto Dardak melanjutkan safari politik ke Situbondo, Minggu (18/3).

Sejenak, di wilayah Tapal Kuda ini, Cawagub Jatim nomor urut satu tersebut menyempatkan ziarah ke makam pelaku sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) yang juga pahlawan nasional, KHR As’ad Syamsul Arifin di area Ponpes Salafiyah Syafi’iyah di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus.

Kunjungan ini bukan bagian dari kampanye politik, melainkan bentuk penghormatan Emil terhadap para kiai yang telah berjuang untuk NU dan bangsa. “Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada  para sesepuh, bersilaturahmi, mohon doa dan restu,” katanya.

• Baca: Kiai Ahli Fiqih Ini Dukung Khofifah karena Lebih Amanah

“Ziarah merupakan tradisi keluarga saya yang hidup di kultur NU. Bukan hanya itu, ziarah bertujuan untuk silaturahim mengenang keteladanan,” tambah Cawagub pendamping Cagub Khofifah Indar Parawansa tersebut.

Di Ponpes yang menjadi sejarah “NU kembali ke khitthah pada 1984 itu, kehadiran Emil bersama Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim disambut hangat Wakil Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, KH Afifuddin Muhajir serta pengasuh dan keluarga Ponpes lainnya. Di antaranya KH Muzakki Ridwan dan KH Sabit Toha.

Selain itu, kedatangan Emil menjadi magnet ribuan santri hingga rela berebut salaman dan berfoto bersama. Setelahnya, Emil mengikuti tahlil dan doa di maqbaroh Kiai As’ad yang dipimpin KH Muzakki Ridwan. Selama 15 menit, Emil bersama rombongan terlihat khusyuk munajat kepada Allah Swt.

Emil Favorit Kiai

KHUSYUK BERDOA: Emil khusyuk berdoa bersama kiai di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KHUSYUK BERDOA: Emil khusyuk berdoa bersama kiai di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Setelah berziarah, Emil kemudian sowan ke kediaman Kiai Afifuddin. Dalam kesempatan tersebut, kiai ahli fiqih itu menuturkan bahwa dirinya sangat berharap pasangan Khofifah-Emil terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim.

“Kedatangan Mas Emil ini penting bagi saya untuk melihat reaksi dari santri di sini, apakah dapat sambutan atau tidak. Ternyata sangat luar biasa, padahal di sini tidak ada kampanye. Saya sendiri tidak pernah mengajak dan berbicara tentang politik,” tuturnya.

Sementara pengasuh Ponpes Assalam Bindung, KH Sabit Toha yang juga keluarga besar Kiai As’ad menuturkan rasa gembiranya atas kehadiran Emil yang sudah ditunggu masyarakat Situbondo. “Masyarakat Situbondo sudah cerdas memilih, apalagi kita sudah merdeka,” katanya.

• Baca: Bergaya Rambut Klasik, Emil ‘Bedah Ekonomi’ di Raker Apindo

“Saya termasuk memfavoritkan Mas Emil, track record beliau di Trenggalek dan sejarah pendidikan sangat cemerlang. Jadi ada ketertarikan agar Mas Emil bisa memimpin di Jawa Timur,” katanya.

Di ujung silaturahim, Emil mendapatkan kado doa dari para kiai sepuh agar diberikan kelancaran, keselamatan dan kemenangan dalam kontestasi di Pilgub Jatim 2018.