DPRD Surabaya Usulkan Bantuan Komputer untuk 858 PAUD

BANTUAN KOMPUTER: Khusnul Khotimah, usulkan agar 858 lembaga PAUD di Surabaya diberikan bantuan komputer. | Foto: IST
BANTUAN KOMPUTER: Khusnul Khotimah, usulkan agar 858 lembaga PAUD di Surabaya diberikan bantuan komputer. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Anggota Komisi D DPRD Surabaya dari Fraksi PDIP, Khusnul Khotimah mengusulkan kepada Pemkot agar 858 lembaga PAUD di Kota Pahlawan diberikan bantuan komputer.

Usulan tersebut sekaligus menindaklanjuti keluhan dari pengelola PAUD saat reses lalu, PAUD yang ada di Balai RW bisa lebih baik lagi dalam pencatatan administrasinya.

“Kami dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya mendukung agar ada bantuan tersebut,” ujarnya di Surabaya, Rabu (3/11/2021).

Menurut Khusnul, PAUD memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk karakter anak sejak dini. “Untuk itu, sudah sewajarnya jika Pemkot Surabaya memberikan perhatian besar kepada mereka,” katanya.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Khusnul, jumlah Pos PAUD Terpadu di Surabaya jumlahnya 858 lembaga. Sedangkan untuk Taman Penitipan Anak (TPA) 50 lembaga, Kelompok Bermain (KB) 418 lembaga, dan Taman Kanak-kanak (TK) ada 1.322 lembaga.

“Bantuan komputer bagi PAUD ini sudak kami bahas dalam Rancangan APBD Surabaya 2022. Mudah-mudahan bantuan komputer tersebut bisa turun tahun depan, karena saat ini sangat mereka butuhkan,” tandasnya.

Dia juga menyarankan, bagi orang tua yang memiliki anak usia 2-6 tahun sebaiknya diikutkan PAUD yang biasanya ada di Balai RW. Sebab PAUD penting karena memiliki banyak manfaat bagi anak.

“Ikut PAUD bisa membentuk jiwa pembelajaran sejak dini bagi anak-anak. Selain itu juga mampu bersosialisasi sejak ini, memiliki kepercayaan diri dan harga diri sejak dini serta memiliki bekal pendidikan untuk jenjang berikutnya,” ucapnya.

Selain usulan bantuan komputer, DPRD Surabaya juga memastikan honor guru TPA/TPQ, Kelas Minggu, dan Bunda PAUD yang ada di Kota Surabaya pada 2022 akan mengalami kenaikan.

“Selama ini Pemkot Surabaya sudah memberikan perhatian besar kepada guru TPA/TPQ dengan memberikan insentif sebesar Rp 400 ribu per bulan. Nah mulai 2022 nanti, akan naik menjadi Rp 500 ribu per bulan,” ujarnya.

» Baca Berita Terkait DPRD Surabaya