DPRD Surabaya Minta Vaksinasi UMKM, Dinkes: Tunggu Pusat!

VAKSINASI UMKM: Luthfiyah, Komisi B DPRD Surabaya minta pelaku UMKM segera divaksin. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIANSYAH
VAKSINASI UMKM: Luthfiyah, Komisi B DPRD Surabaya minta pelaku UMKM segera divaksin. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIANSYAH

SURABAYA, Barometerjatim.com – Komisi B DPRD Surabaya meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) segera menjadwalkan vaksinasi Covid-19 untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pahlawan.

“Ini prioritas ya, karena vaksin datangnya bertahap, tidak banyak. Karena kan tenaga kesehatan, lansia, kemudian kami minta UMKM tadi yang klaster lebih besar ini,” kata Ketua Komisi B, Luthfiyah usai hearing dengan pelaku UMKM dan Dinkes Surabaya, Rabu (10/3/2021).

Pelaku UMKM menjadi prioritas, lanjut politikus perempuan asal Partai Gerindra tersebut, karena mereka lebih sering berinteraksi langsung dengan masyarakat. “Apalagi memegang makanan yang tidak bisa disemprot, itu harus diutamakan,” ucapnya.

Setelah pelaku UMKM, Luthfiyah meminta semua warga Surabaya juga harus divaksin. “Nanti bertahap, saya minta semua warga Surabaya divaksin. Kalau enggak sama saja, karena satu dengan yang lain berinteraksi toh,” katanya.

Namun dalam gelar hearing tersebut, pihak Dinkes Surabaya belum bisa memastikan jadwal vaksinasi untuk para pelaku UMKM.

“Lha itu tadi, saya minta, Dinkes belum bisa menjawab karena ya itu datangnya kan bertahap, tapi nanti kita akan selalu meminta informasi,” tandas Luthfiyah.

Sementara itu Sekretaris Dinkes Surabaya, drg Yohana Susi menjelaskan, distribusi vaksin Covid-19 dilakukan bertahap sesuai instruksi pemerintah pusat. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan untuk pelaku UMKM.

“Sesuai instruksi pemerintah, prioritas utama adalah tenaga kesehatan dan pekerja di bidang kesehatan, disusul petugas pelayan publik dan lansia. Vaksinasi dosis kedua untuk nakes belum selesai,” terangnya.

Namun, kata Yohana, Dinkes tetap berupaya memfasilitasi keinginan para pelaku UMKM masuk skala prioritas vaksinasi. “Kita belum bisa memastikan kapan, karena menunggu distribusi vaksin dari pusat,” ungkapnya.

Sedangkan Kordinator Paguyuban Pedagang Makanan Surabaya, Kusnan mengatakan, para pelaku UMKM menjadi bagian yang terdampak selama pandemi.

“Untuk itu kami berharap kepada pemangku kebijakan, baik itu dari Pemrov ataupun Pemkot dan Satgas Covid-19, agar para UMKM ini bisa juga mendapatkan vaksin. Kami mendukung penuh upaya vaksinasi tersebut,” ucapnya.

LAWAN COVID-19: Hearing Komisi B DPRD Surabaya dengan Dinkes dan pelaku UMKM soal vaksinasi. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIANSYAH
LAWAN COVID-19: Hearing Komisi B DPRD Surabaya dengan Dinkes dan pelaku UMKM soal vaksinasi. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIANSYAH

» Baca Berita Terkait Wabah Corona