DPRD Jatim: Khofifah Jangan Percaya ‘Birokrasi Bayangan’

BIROKRASI BAYANGAN: Anwar Sadad, Khofifah jangan percaya birokrasi bayangan dan tertibkan ring 1-nya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SETOP BIROKRASI BAYANGAN: Anwar Sadad, Khofifah harus menertibkan ring satunya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Belajar dari gaduh mahasiswa di Gedung Negara Grahadi, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad meminta Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa agar tak mempercayai ‘birokasi bayangan’.

“Saya kira Bu Gubernur harus menertibkan ring 1-nya,” kata Sadad yang juga sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim pada Barometerjatim.com, Kamis (10/10/2019).

Seperti diberitakan, rencana dialog antara perwakilan BEM se-Jatim dengan Khofifah yang ‘dijembatani’ pengajar di Departemen Politik FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman batal digelar.

Alih-alih dialog, kehadiran mahasiswa di Grahadi malah berujung gaduh lantaran mereka menolak jamuan makan malam yang disediakan pihak tuan rumah.

Bahkan kegaduhan mahasiswa dipertontonkan di hadapan tamu-tamu istimewa Khofifah, di antaranya Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

“Gubernur itu kepala pemerintahan daerah. Gubernur harus lebih mempercayai birokrasi yang terlatih dan berpengalaman membantu kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan, bukannya percaya pada ‘birokrasi bayangan’,” tegas Sadad.

Sebelumnya, Airlangga yang menjadi penghubung antara mahasiswa dan Khofifah, menyebut gaduh mahasiswa di Grahadi sebenarnya lebih disebabkan miskomunikasi.

“Sepertinya ada miskomunikasi, sehingga kami sendiri minta maaf pada gubernur, Bu Khofifah, Pak Kapolda, Pak Pangdam terkait peristiwa ini,” kata dosen yang juga CEO The Initiative Institute itu.

Namun Airlangga menilai, situasi tersebut masih bisa diperbaiki karena persoalannya hanya pada miskomuniaksi yang perlu dikelola lebih baik lagi. “Dalam konteks ini mahasiswa juga harus bisa introspeksi diri,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait Khofifah, Mahasiswa