Dilepas Bonek, Kombes Pol Rudi Pindah Tugas ke Lampung

Rudi Setiawan setelah 18 bulan menjabat Kapolrestabes Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr
Rudi Setiawan setelah 18 bulan menjabat Kapolrestabes Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr

SURABAYA, Barometerjatim.com – 18 bulan menjabat Kapolrestabes Surabaya, rupanya membuat Kombes Pol Rudi Setiawan punya ikatan batin dengan Bonek — sebutan suporter sepak bola Persebaya.

Rudi pun memperkenalkan penggantinya, Kombes Pol Sandi Nugroho pada Bonek saat acara pisah sambut Kapolrestabes Surabaya, Rabu (8/6/2019) petang. Keduanya bahkan diarak menuju Tugu Pahlawan yang berjarak sekitar satu kilometer.

“Selama menjabat Kapolrestabes Surabaya, saya cukup dekat dengan Bonek. Karenanya kami undang mereka dalam acara pisah sambut ini,” kata Rudi.

“Tradisi pisah sambut dengan diiringi Bonek seperti ini harus dilestarikan, karena Bonek adalah ikon Kota Surabaya,” sambungnya, seraya pamit untuk menjalankan tugas baru sebagai Wakapolda Lampung.

Sementara Sandi mengaku kagum atas antusiasme Bonek dalam parade pisah sambut tersebut. Menurutnya, Bonek merupakan bagian warga Kota Surabaya yang memiliki potensi besar dalam solidaritas dan kreativitas.

“Kami senang ada anak-anak muda yang kreatif seperti Bonek. Bonek dan Persebaya keren,” ucap mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri itu.

“Apa yang telah dikerjakan Pak Rudi akan saya tindak lanjuti. Saya akan belajar untuk dekat dengan Bonek,” tandasnya.

Tak hanya massa Bonek, salah seorang pemain Persebaya, Misbakhus Solikin juga hadir dan mengaku bangga atas kinerja Rudi selama 18 bulan. Menurutnya, pertandingan Persebaya di kandang selalu berjalan lancar seperti final Piala Presiden 2019.

“Kepada Pak Sandi, semoga bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan menjalankan tugasnya melebihi apa yang dilakukan Pak Rudi. Terima kasih pada Pak Rudi,  pertandingan selalu lancar dan dukungannya sangat luar biasa,” tutur Misbakhus.

Selain Bonek dan pemain Persebaya, acara pisah sambut juga mengundang komunitas pengemudi ojek online atau dalam jaringan (daring) dan serikat pekerja.•

» Baca Berita Terkait Polrestabes Surabaya