Dihadiri Tokoh PKB, Perempuan Bangsa Malang Luncurkan GCK

GCK PB MALANG: Anik Maslachah beri sambutan saat launching GCK Perempuan Bangsa Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
GCK PB MALANG: Anik Maslachah beri sambutan saat launching GCK Perempuan Bangsa Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

MALANG, Barometerjatim.com – Menyusul DPW Perempuan Bangsa (PB) Jatim, DPC PB Kabupaten Malang meluncurkan Griya Curhat Keluarga (GCK) di Hotel Atria, Blimbing, Sabtu (6/2/2021).

Peluncuran yang sekaligus dirangkai dengan pelatihan pendampingan keluarga berbasis GCK tersebut, dihadiri sejumlah tokoh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Di antaranya Ketua DPC PKB Kabupaten Malang/Anggota FKB DPR RI, Gus Ali Ahmad; Sekertaris DPW PKB Jatim/Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah; Penasihat GCK Jatim/Wakil Ketua Menyusul DPW Perempuan Bangsa (PB) Jatim, DPC PB Kabupaten Malang meluncurkan Griya Curhat Keluarga (GCK) di Hotel Atria, Blimbing, Sabtu (6/2/2021).Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih; serta Anggota DPRD Jatim/Ketua PC Muslimat Kabupaten Malang, Khofidah.

Anik Maslachah, dalam sambutannya berharap launching GCK tidak sebatas seremonial tapi ada keberlanjutan. “Kami dari DPW PKB Jatim berharap setelah di-launching tidak sekadar lips service,” katanya.

“Namun mampu menjalankan program secara nyata, sehingga menjadi solusi bagi persoalan anak, keluarga, dan masalah sosial lainnya,” tandas Anik.

Sementara itu Ketua DPC PB Kabupaten Malan, Hernganti Ika Anggraina menuturkan, GCK adalah badan layanan pengabdian PB sebagai bentuk implementasi dari melayani Ibu Pertiwi. Ini sekaligus tagline hasil Muktamar PKB di Bali pada 2019.

Filosofi dibentuknya GCK, kata Hernganti, terinspirasi makin tingginya persoalan sosial dalam masyarakat. Terlebih akibat pandemi Covid-19 kondisi ekonomi terpuruk, berawal pada tingginya kasus-kasus sosial yang bermula dalam keluarga hingga marak terjadi di masyarakat.

“Di sinilah perempuan bangsa sebagai sayap politik perempuan PKB, hadir untuk menjadi konselor yang mampu memediasi dan menjadi langkah solutif bagi korban yang mayoritas masih banyak terjadi pada kelompok perempuan dan anak,” papar Hernganti.

Hingga kini, GCK sudah terbentuk hampir di 38 kabupaten/kota di Jatim setelah sebelumnya DPW PB Jatim meluncurkan program tersebut pada Maret 2020 lewat acara Training of Trainer (TOT) Counselor dan Launching GCK.

GCK: Pelatihan pendampingan keluarga berbasis GCK yang digelar Perempuan Bangsa Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
GCK: Pelatihan pendampingan keluarga berbasis GCK yang digelar Perempuan Bangsa Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait PKB