Dari Kursi Roda, Risma Ngomel Lihat Truk di Area Jalan Ambles

Wali Kota Risma tinjau lokasi jalan ambles di Raya Gubeng, Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/Natha Lintang
Wali Kota Risma tinjau lokasi jalan ambles di Raya Gubeng, Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/Natha Lintang

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) kembali meninjau lokasi Jalan Raya Gubeng yang ambles, Kamis (20/12) sekitar pukul 15.30 WIB. Padahal sebelumnya sudah ke lokasi sekitar pukul 10.00 WIB.

Turun dari mobil, Risma memakai kursi roda lantaran kakinya belum sembuh dari sakit. Begitu melihat truk-truk pembawa material dan mobil PMK terparkir di area jalan ambles, Risma pun langsung ngomel.

“Itu truknya jangan di situ, cepat keluarkan satu per satu. Jangan di situ, ini bebannya tambah berat, mestinya di gang-gang,” teriaknya.

Risma juga meminta stafnya mendorong kursi rodanya agar mendekat ke area amblesan. “Itu kenapa alat berat yang di sana tidak digunakan. Kenapa itu? Tanyakan!” ucapnya dengan nada keras.

Kemarahan Risma semakin menjadi-jadi, setelah melihat beberapa mobil PMK juga terlihat di parkir di sekitar area jalan ambles.

“Mobik PMK tidak boleh di sini, ayo keluarkan cepat. Kita tidak tahu dalamnya tanah ini seperti apa. Ayo keluarkan,” teriaknya lagi.

Ditanya wartawan kenapa memaksakan diri kembali ke lokasi, Risma menuturkan kalau tidak datang pemulihan jalan tidak akan selesai dalam waktu cepat.

“Ya, ini saya masih sakit kakiku ini. Kalau dipakai jalan yang gak rata, masih sakit. Tapi kalau aku ndak ke sini, ya kayak gini,” kata perempuan yang juga politikus PDIP tersebut.

“Mereka (pekerja) tidak tahu kalau (truk diparkir) di sini itu tidak boleh ada beban berat. Kita ndak tahu kan kondisi di bawah ini kayak apa,” sambungnya.

Akibat Proyek Siloam

Sebelumnya, melalui Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin diperintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengecek langsung kondisi jalan ambles di Jalan Raya Gubeng.

Menurut Ngabalin, informasi yang diterima dari pihak kepolisian, penyebab jalan ambles karena human error proyek Rumah Sakit (RS) Siloam yang dikerjakan PT Nusa Kontraktor Enjniring (NKE).

“Dari sini saya akan segera membuat laporan untuk disampaikan ke presiden, supaya permasalah ini segera diselesaikan,” katanya di lokasi amblesan yang didampingi Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Ngabalin menegaskan, dirinya juga akan melakukan koordinasi dengan Gubernur Jatim, Soekarwo serta Risma. “Jadi warga tidak usah panik, dan mempercayakan semuanya kepada tim investigasi yang ada di lapangan,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait Tri Rismaharini, Gubeng Ambles