Corona Mewabah di Jatim, Hanya 4 Kabupaten Zona Hijau

4 KABUPATEN MASIH HIJAU: Peta penyebaran virus Corona di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
4 KABUPATEN MASIH HIJAU: Peta penyebaran virus Corona di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Virus Corona (Covid-19) kian mewabah di Jatim. Hingga Rabu (25/3/2019), dari 38 kabupaten/kota hanya empat yang masuk zona hijau, yakni Bojonegoro, Sumenep, Sampang dan Bondowoso.

“Distribusi kabupaten/kota barangkali bisa dicek. Sampai sore ini ada empat kabupaten masih kategori posisi hijau,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Keempat kabupaten tersebut masuk zona hijau, karena dalam peta penyebaran Corona baru tercatat Orang Dalam Pengawasan (ODP), belum ada pasien yang positif maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Di Kabupaten Bojonegoro tercatat ada 39 ODP, Sumenep 18 ODP, Sampang 43 ODP dan Bondowoso 144 ODP. “Kalau sudah ada PDP-nya, maka warna dalam peta sudah kuning setengah oranye,” kata Khofifah.

“Begitu juga kalau sudah ada yang terkonfirmasi tercatat positif Covid-19, maka warnanya sudah merah. Jadi itu artinya daerah terjangkit,” jelas gubernur yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Untuk daerah terjangkit, lanjut Khofifah, hingga kini ada enam kabupaten/kota, yakni Surabaya (31 pasien positif), Magetan (8), Sidoarjo (5), Kabupaten Malang (4), Kota Malang (2), dan Kabupaten Blitar (1).

“Kalau jumlah pasien positif sama dengan kemarin (51 orang), yang sembuh lima orang, meninggal dua orang. Dengan adanya lima pasien yang sembuh, maka total pasien positif tersisa 44 orang yang dirawat,” ujar Khofifah.

Sedangkan jumlah ODP menjadi 2.542 dari sehari sebelumnya 2.003 orang. “Ada tambahan 539 hari ini,” tandas Khofifah. Begitu pula dengan jumlah PDP, naik menjadi 190 dari sehari sebelumnya 142 orang.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona