Cak Nur Wafat, Khofifah Tunjuk Sekda Jadi Plh Bupati Sidoarjo

LAWAN CORONA: Nur Ahmad Syaifuddin dan Khofifah, bahu membahu lawan Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
LAWAN CORONA: Nur Ahmad Syaifuddin dan Khofifah, bahu membahu lawan Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

JAKARTA, Barometerjatim.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia, Sabtu (22/8/2020). Lantas, bagaimana kekosongan jabatan orang nomor satu di Pemkab Sidoarjo?

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa langsung menunjuk Sekda Kabupaten Sidoarjo, Achmad Zaini sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

“Selanjutnya kami akan mengajukan tiga nama kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati hingga Pilkada 2020 usai digelar,” katanya di Jakarta.

Khofifah di Jakarta sejak Jumat (21/8/2020) untuk melakukan serangkaian tugas. Di antaranya menyerahkan bantuan pangan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap II dan III kepada warga Jatim yang berdomisili di Jabodetabek di Gedung Badan Penghubung Daerah Jatim, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, Cak Nur menyandang Plt Bupati Sidoarjo pada Selasa, 14 Januari 2020 lewat pelantikan yang dilakukan Khofifah di gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Cak Nur menjadi Plt Bupati Sidoarjo setelah bupati sebelumnya, Saiful Ilah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK dalam kasus korupsi.

Sementara terkait kepulangan Cak Nur, Khofifah menyampaikan duka cita mendalam. “Atas nama pribadi dan Pemprov Jatim, saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya,” katanya.

“Kita tentu semua merasa kehilangan. Kita semua tentu akan memberikan doa dengan tulus ikhlas. Mudah-mudahan seluruh amal ibadah beliau diterima Allah Swt, seluruh khilafnya diampuni,” sambung Khofifah.

Dan keluarga yang ditinggalkan, lanjut Khofifah, dianugerahi keikhlasan, ketabahan, dan kesabaran. Ungkapan duka cita juga turut diunggah Khofifah di akun Instagramnya @khofifah.ip.

Cak Nur, dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19. Menurut Khofifah, hal itu setelah dikonfirmasi Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, dokter Joni Wahyuadi kepada Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok serta Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, dokter Syaf Satyawarman.

» Baca Berita Terkait Kabar Duka