Biaya Vaksinasi Haji, Menag: Kita Belum Berhitung dengan DPR

VAKSINASI CJH: Gus Yaqut, semua calon jamaah haji dapat vaksin sebelum bertolak ke Arab Saudi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
VAKSINASI CJH: Gus Yaqut, semua calon jamaah haji dapat vaksin sebelum bertolak ke Arab Saudi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut memastikan semua calon jamaah haji (CJH) akan menerima suntikan vaksin Covid-19. Itu pun jika tahun ini pemerintah Arab Saudi membuka ibadah haji.

“Kita sudah bicara dengan Menkes, sudah bersurat juga kepada Menkes. Insyaallah semua calon jamaah haji yang berangkat, kalau ya, kalau sekali lagi, haji dibuka oleh Pemerintah Saudi, kita pastikan semua sudah divaksin,” katanya di Surabaya, Jumat (26/3/2021).

Sebab, lanjut Gus Yaqut, pemerintah Arab Saudi juga mensyaratkan siapapun yang masuk ke negaranya harus sudah divaksin Covid-19.

Apakah ada tambahan biaya yang dibebankan ke CJH? Menurut Gus Yaqut tidak ada, karena vaksin diberikan pemerintah kepada semua warga secara gratis. Karena itu pihaknya akan segera berhitung dengan DPR RI mengenai pembiayaan.

“Ini hanya soal prioritas saja. Nah itu nanti kita belum berhitung dengan DPR, itu kan harus bicara dengan DPR soal pembiayaan, apakah ditambah atau tidak,” kata Gus Yaqut.

“Kalau toh ditambah, sebenarnya kita kan punya namanya dana manfaat yang dikelola oleh BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji),” sambungnya.

Jadi, tandas Gus Yaqut, sebenarnya soal mekanisme semua bisa diatur agar CJH tidak terberatkan. Karena itu tunggu waktu saja pihaknya akan bicara dengan DPR.

“Intinya pemerintah tidak ingin jamaah ini diberatkan, karena situasi sekarang, pendemi seperti ini sudah berat buat kita semua,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Vaksinasi Covid-19