Berkah NTB! MotoGP Mandalika Serap 65 Ribu Tenaga Kerja

KEBUT PENGERJAAN: Pengerjaan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika seluas 48 hektare. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KEBUT PENGERJAAN: Pengerjaan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika seluas 48 hektare. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

LOMBOK, Barometerjatim.com – Tak hanya mendongkrak prestise Indonesia di mata dunia, kehadiran MotoGP Mandalika 2021 di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

“Kita bersyukurnya begini, karena ternyata dengan adanya motoGP ini, ada 65 ribu tenaga kerja yang dibutuhkan untuk men-support itu,” tutur Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov NTB, Najamuddin Amy, saat menerima rombongan wartawan dari Jatim, pekan lalu.

Kehadiran puluhan wartawan yang sehari-hari bertugas di lingkungan Pemprov Jatim tersebut untuk mengikuti press tour yang digelar Biro Humas dan Protokoler Setdaprov Jatim, 15-17 Oktober 2019.

Lantasan membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja, lanjut Najamuddin, saat ini Dinas Tenaga Kerja Pemprov NTB tengah melakukan assessment dan inventarisasi pekerjaan apa saja yang bisa men-support penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

“Salah satu contoh, tenaga kerja yang menjadi operator sampai ofisial yang ada di rute MotoGP, itu membutuhkan 300 orang. Mereka akan dikirim, pada tahap pertama 150 orang, untuk belajar ke sirkuit MotoGP di Sepang Malaysia,” paparnya.

Pemprov NTB, kata Najamuddin, juga selalu menekankan pada kalangan pebisnis maupun masyarakat agar jangan sampai menjadi penonton di daerah sendiri.

Karena itu, pemberdayaan terus dilakukan, termasuk kolaborasi Pemprov NTB dengan komunitas bisnis, serta menggerakkan produk lokal agar mendapat kesempatan menjadi bagain dari penyelenggaraan MotoGP.

“Pak Gubernur (Zulkieflimansyah) selalu mengatakan, jangan sampai kita tidak bisa memanfaatkan waktu 1,5 tahun ini untuk tidak kita berdayakan potensi SDM dan SDA yang kita miliki,” katanya.

“Supaya betul-betul memberikan dampak yang luar biasa, yang membuat kita tak hanya sekadar menonton tapi mendapatkan aspek, dampak ekonomi yang sejahterakan masyarakat.”

Ciptakan Bali Baru

BALI BARU: Kawasan wisata Kuta Mandalika, Lombok, disiapkan untuk menjadi Bali baru. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BALI BARU: Kawasan wisata Kuta Mandalika, Lombok, disiapkan untuk menjadi Bali baru. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Soal mengapa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipilih sebagai arena MotoGP karena di situ memang kawasan wisata, terutama Kute Mandalika. “Memang di situ kawasan wisata, yang orang selalu mengatakan menciptakan Bali baru,” katanya.

“Bali baru itu ada di situ, di kawasan Kute Mandalika. Jadi ini adalah program sejak zamannya Pak SBY (Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono) dulu,” sambung Najamuddin.

Di sisi lain, saat ini pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika terus digenjot pengerjaannya. “Beberapa tikungan sudah dikerjakan, alat-laat berat sudah ada di sana semua,” katanya.

Apalagi pembebasan lahan tidak terlalu sulit, karena tak ada rumah penduduk yang terdampak. “Ini memang kawasan ekonomi khusus, KEK Mandalika, sekitar 48 hektare,” jelas Najamuddin.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim