Minggu, 25 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Bakal Cagub Jatim 2024: Gerindra Siapkan Anwar Sadad, Golkar Tunggu Langkah Khofifah!

Berita Terkait

TUNGGU KHOFIFAH: Sarmuji, Golkar masih tunggu langkah Khofifah tetap maju Pilgub atau Pilpres 2024. | Foto: Barometerjatim.com/IST
TUNGGU KHOFIFAH: Sarmuji, Golkar masih tunggu langkah Khofifah tetap maju Pilgub atau Pilpres 2024. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selain Gerindra yang declare menyiapkan Anwar Sadad, hingga kini belum ada lagi partai yang blak-blakan menyebut nama yang bakal diusung sebagai calon gubernur (Cagub) Jatim di 2024.

Golkar, misalnya, masih menunggu langkah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa apakah akan kembali running di Pilgub Jatim atau memilih melompat ke level nasional maju di Pilpres 2024.

“Golkar untuk Cagub belum, masih ada Bu Khofifah. Tergantung Bu Khofifah, nanti maju sebagai apa, di tingkat nasional (Pilpres) atau provinsi,” kata Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji, Senin (9/5/2022).

“Tapi hitungan saya, kalau Bu Khofifah masih maju sebagai Cagub, per hari ini belum ada yang menjadi pesaing beratnya. Sebut saja siapa dari partai maupun non partai, belum ada yang secara elektoral menandingi Bu Khofifah,” tandasnya.

Bagaimana dengan Wagub Emil Elestianto Dardak? “Kalau Pak Wagub saya tidak dalam kapasitas mengomentari, ketua partai lain (Demokrat) saya komentari, repot nanti,” katanya sembari tersenyum.

Sarmuji enggan berspekulasi, apakah di 2024 nanti Emil Dardak akan memilih jalan sendiri atau tetap bersama Khofifah. “Kita tidak bisa berspekulasi, jadi tidak bisa kita komentari sekarang,” ucapnya.

Golkar, lanjut Sarmuji, juga belum menentukan sikap andai Khofifah kembali maju di Pilgub Jatim atau melompat ke Pilpres. “Sikap Golkar akan ditentukan pada waktunya, sekarang Belanda masih jauh,” ujarnya.

Sikap Golkar ini tak jauh beda dengan PKB. Green Party juga masih enggan bicara kandidat yang disiapkan di Pilgub Jatim 2024 karena sedang fokus mendukung kerja-kerja Khofifah.

“Sekarang kita fokus support Bu Khofifah, dan PKB menjadi bagian dari keinginan bersama Bu Khofifah untuk memakmurkan masyarakat Jatim,” kata Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq usai menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an di kantor PKB Jatim, Sabtu (16/4/2022) malam.

Namun saat dipertegas apakah itu artinya PKB akan mengusung Khofifah di 2024, Thoriq yang juga menjabat Bupati Lumajang itu enggan menanggapi.

Ya, bursa Cagub Jatim 2024 mulai ramai setelah Gerindra Jatim bersama 38 DPC-nya lewat ajang Rakerda merekomendasi Anwar Sadad maju sebagai Cagub.

Sadad sendiri menyatakan kesiapannya. “Sebagai ketua DPD Gerindra Jatim, tidak ada kata lain ya saya harus dengan skuat tenaga menjalankan keputusan itu dengan segala konsekuensinya,” katanya.

“Pak Parabowo juga sering dalam berbagai kesempatan mengatakan no room for personal feeling, when it comes to state matter (tidak ada ruang untuk perasaan pribadi, ketika menyangkut masalah negara),” tegasnya.

» Baca berita terkait Golkar. Baca juga tulisan terukur lainnya Rofiq Kurdi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -