Arah Demokrat ke Machfud, Kok Gus Hans Masih Didaftarkan?

PENJARINGAN: Elemen relawan mendaftarkan Gus Hans di penjaringan Demokrat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PENJARINGAN DEMOKRAT: Elemen relawan mendaftarkan Gus Hans di penjaringan Demokrat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski rekomendasi Partai Demokrat di Pilwali Surabaya 2020 mengarah terang ke Machfud Arifin, relawan Zahrul Azhar Asumta tetap mendaftarkan kandidat yang akrab disapa Gus Hans tersebut ikut formalitas penjaringan.

Ketua relawan Kopyah Ireng — salah satu elemen relawan Gus Hans — Efendi Achmad menuturkan, dirinya memang mendengar soal arah dukungan ke Machfud. Namun sejak awal para relawan sudah berkomitmen, jika ada Parpol yang membuka penjaringan maka akan mendaftarkan Gus Hans.

“Ini komitmen teman-teman relawan sejak awal. Dimana ada pembukaan penjaringan calon, kita tetap masuk. Karena Demokrat membuka, ya kita masuk dengan cepat,” kata Efendi kepada Barometerjatim.com di Surabaya, Sabtu (25/1/2020).

“Persoalan rekomendasi nanti ke siapa, itu urusannya Parpol. Tapi kami mendaftar, tentu saja kami mengharapkan Gus Hans diberi rekomendasi, kan semuanya belum benar-benar final hingga nanti sampai di KPU,” sambungnya.

Koyah Ireng dan elemen relawan lainnya pendukung Gus Hans, termasuk Pagar Jati dan Relawan Radar 2020 (Komunitas Alumni Santri Daru Ulum Jombang), mengambil formulir pada Jumat (24/1/2020) pukul 14.30 WIB dan mengembalikannya sekaligus untuk mendaftar penjaringan pukul 21.39 WIB.

“Kami bergerak cepat, karena ada kabar yang kami terima kalau pendaftaran ditutup besok (hari ini, red),” ucap Efendi.

Sementara Ketua Relawan Pagar Jati, Zainul Fadli menegaskan, pihaknya turut mendaftarkan Gus Hans karena mantan Jubir Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018 itu disebutnya punya kualitas dan elektabilitas untuk bersaing.

“Calon yang kami usung (Gus Hans) sudah tidak diragukan lagi soal kualitas dan elektabilitasnya sangat tinggi. Bisa diadu kok soal elektabilitas dengan kandidat lain yang mendaftar,” katanya.

Selain Demokrat, sebelumnya Gus Hans ikut penjaringan di Gerindra, PSI, dan Nasdem. Dari ketiga Parpol tersebut, kecuali PSI, Gerindra dan Nasdem sudah memberi sinyal akan mendukung Machfud yang hingga kini sudah mengantongi rekomendasi dari PAN (3 kursi) dan PKB (5 kursi).

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya