Ajang Esports Piala Menpora, Apa Untungnya buat Jatim?

SPORT DAN TOURISM : Sarmuji, Esports Piala Menpora 2021 gabungkan sport dan tourism. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SPORT DAN TOURISM : Sarmuji, Esports Piala Menpora 2021 gabungkan sport dan tourism. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Melibatkan 14 ribu tim dengan 70 ribu peserta, Youth Esports Tournament Piala Menpora 2021 yang digelar DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jatim dari 17 April hingga 30 Mei bisa dibilang ajang fenomenal.

Lantas, apa untungnya buat Jatim? Ketua Dewan Pembina AMPI Jatim, Muhammad Sarmuji menuturkan, turnamen ini bukan semata sport, tapi menggabungkan antara sport dan tourism.

“Kita mau ada simbiosis mutualisme, antara pertandingan esports ini secara nasional dengan Jatim juga bisa memperoleh manfaat,” kata Sarmuji di kantor DPD Partai Golkar Jatim, Sabtu (17/4/2021).

“Karena itu nanti secara offline diadakan di Pandaan (Taman Candra Wilwatikta), tempatnya indah, sekaligus itu menjadi titik masuk saja bagi peserta untuk bisa mengenal wisata Jatim yang sebenarnya luar biasa,” tandasnya.

Menurut Sarmuji, banyak tempat wisata di Jaim berkelas dunia. Karena itu, melalui esports ini, AMPI Jatim juga ingin mempromosikan wisata Jatim untuk dikenal dan dikunjungi seluruh warga Indonesia.

“Jatim memiliki daerah yang indah. Banyak sekali destinasi indah luar biasa, bahkan berkelas dunia yang layak dikunjungi seluruh peserta esports, baik yang masuk grand final maupun yang tidak masuk,” katanya.

Tak hanya destinasi, lanjut Sarmuji, Jatim juga memiliki sejuta cita rasa kuliner yang sekali mencoba tidak akan pernah terlupakan.

“Ini sekaligus juga undangan buat rekan-rekan peserta esports seluruh Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa berjumpa dalam suasana yang menggembirakan kelak pasca pandemi,” ucapnya.

Sementara Ketua DPD AMPI Jatim, Pranaya Yudha Mahardika menyatakan, jumlah tim peserta juga terus bertambah dan hingga kini sudah menembus 14.098.

“Satu tim minimal lima orang, ada juga yang dengan cadangannya enam. Jadi kalau kita hitung lima saja (satu tim) itu sudah 70 ribu lebih se-Indonesia,” katanya.

Pranaya juga menyebut, Youth Esports Tournament Piala Menpora 2021 merupakan turnamen esports terbesar tahun ini. “Memperebutkan Piala Menpora dengan prize pool (total hadiah) sebesar Rp 200 juta,” ujarnya.

» Baca Berita Terkait Golkar