Rabu, 28 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

9 Hari, 453 TKI Jatim Pulang dari Malaysia dan Negatif Corona

Berita Terkait

NEGATIF CORONA: Khofifah, 453 TKI Jatim yang pulang dari Malaysia negatif Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
NEGATIF CORONA: Khofifah, 453 TKI Jatim yang pulang dari Malaysia negatif Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di tengah wabah virus Corona (Covid-19), dalam tempo sembilan hari, 453 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jatim pulang dari Malaysia. Hasil rapid test: Seluruhnya negatif Covid-19.

“Hari ini 96 manifesnya yang kategori PMI. Kembali dilakukan rapid test dan alhamdulillah semuanya negatif,” terang Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (16/4/2020) malam.

Sehari sebelumnya, Rabu (15/4/2020), 249 TKI asal Malaysia terlebih dulu mendarat di Bandara Juanda yang terbagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama, 172 orang dari Kuala Lumpur dengan pesawat Malaysia Airlines. Gelombang kedua, 77 orang yang terlebih dulu turun di Medan, Sumatera Utara untuk menjalani observasi selama 14 hari.

Kedatangan pekerja migran di tengah Corona ini didahului 108 TKI — bersama 46 pelajar dan WNI dari Malaysia — yang mendarat di Juanda pada Selasa (7/4/2020). Sehingga, dalam sembilan hari, tercatat 453 TKI yang pulang dari Negeri Jiran.

Meski hasil rapid test-nya negatif, Khofifah menandaskan seluruh TKI tersebut harus mengikuti screening berlapis — termasuk di tingkat desa/kelurahan — untuk sampai kembali pada keluarga masing-masing.

“Hari ini daerah, desa atau kecamatan yang punya ruang observasi sudah mencapai 69 persen. Artinya makin banyak desa, kelurahan dan kecamatan yang sudah menyiapkan ruang observasi,” kata Khofifah.

Sementara terkait update penyebaran Corona di Jatim, jumlah pasien positif menjadi 514 orang. Lalu Pasien Dalam pengawasan (PDP) 1.717, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 15.674.

Sedangkan jumlah pasien sembuh tercatat enam orang yang tersebar di tiga wilayah, yakni Lamongan (2 orang), Ponorogo (1) dan Surabaya (3).

“Kembali saya menyampaikan terima kasih kita semua, warga Jatim, kepada seluruh tenaga kesehatan, tenaga medik, paramedik, semuanya yang sudah memberikan dedikasi terbaiknya,” kata Khofifah.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona, TKI

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -