53 Kru KRI Nanggala 402 Gugur, Golkar Jatim Gelar Doa dan Tahlil

DOA DAN TAHLIL: Golkar Jatim gelar doa adan tahlil untuk 53 awak KRI Nanggala 402 yang gugur. | Foto: Barometerjatim.com/IST
DOA DAN TAHLIL: Golkar Jatim gelar doa adan tahlil untuk 53 awak KRI Nanggala 402 yang gugur. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – DPD Partai Golkar Jatim menggelar doa dan tahlil untuk 53 — 47 di antaranya warga Jatim — awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur. Doa dipimpin Ustadz Zaman Suyuthi di Masjid Mujahidin, kantor Golkar Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (26/4/2021) malam.

Doa bersama dengan membacakan surat yasin dan tahlil tersebut diikuti para ketua DPD Golkar kabupaten/kota se-Jatim dan kader partai di kantornya masing masing dan disiarkan secara live  streaming.

Dalam pesannya lewat video, Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan belasungkawa atas gugurnya 53 patriot terbaik bangsa awak KRI Nanggala 402 yang tak kenal lelah menjaga kedaulatan samudera Indonesia.

“Doa dan hormat kami untuk para syuhada KRI Nanggala-402, semoga Allah Swt memberikan tempat yang terbaik disisi-Nya,” kata Airlangga.

Sementata itu Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn) Lodewijk F Paulus menyatakan, begitu kabar KRI Nanggala-402 hilang kontak bangsa Indonesia serentak mendoakan agar cepat diketemukan dan semua awak selamat.

Namun Allah Swt berkehendak lain. Pada 24 April 2021, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan menyatakan KRI Nanggala-402 tenggelam dan seluruh awaknya dinyatakan gugur dalam tugas negara.

Partai Golkar ikut berduka yang mendalam atas gugurnya para syuhada kusuma bangsa, pengawal kedaulatan negara dengan berdoa bersama. Semoga semua awak KRI Nanggala 402 diterima di sisi Allah Swt, diampuni segala dosanya dan dilapangkan kuburnya,” katanya.

Bagi warga Golkar, kata Lodewijk, para prajurit tersebut sebenarnya tidak mati, namun tetap hidup di tempat yang berbeda. “Mereka prajurit pengawal  kedaulatan negera ini dan abadi selama lamanya. Mereka adalah pahlawan kusuma bangsa,” ucapnya.

Airlangga da Lodewijk juga mendoakan, semoga keluarga yang ditinggalkan selalu bersabar menghadapi musibah ini.

Sedangkan Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji menuturkan warga Golkar Jatim menyatakan duka mendalam atas gugurnya para syuhada KRI Nanggala-402.

Warga Golkar mendoakan semoga yang gugur diberikan kemudahan masuk di surga-Nya. Ini juga membuktikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak pernah lupa dengan jasa pahlawannya, karena mereka menjaga republik ini dengan segala pertaruhan.

Selain Sarmuji, hadir dalam doa dan tahlil tersebut Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim, Tua Tua Simanjuntak dan jajaran pengurus lainnya di antaranya Hery Sugihono, Meulila Osman, Syaifullah Maksum, dan Aan Ainur Rofiq.

» Baca Berita Terkait TNI